Beranda Regional IZI Inisiatif Salurkan Air Bersih untuk Warga Kekeringan

IZI Inisiatif Salurkan Air Bersih untuk Warga Kekeringan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mengadakan penyaluran air bersih untuk wilayah yang kekeringan di kabupaten karawang, pada rabu (16/10/19).

Kemarau panjang yang melanda kabupaten kawarang kini dampaknya dapat dirasakan oleh warga kecamatan Pankalan dan Kecamatan Tegalwaru. Sulitnya mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi sehari-hari, ini membuat warga harus mencari sumber air bersih yang masih ada, walaupun jaraknya begitu jauh dan harus menunggu lama untuk mengantri.

Dengan adanya bencana ini, IZI berinisiatif memberikan bantuan penyaluran air bersih untuk beberapa bagian wilayah di Pangkalan dan Tegalwaru yang memang jarang terjangkau dalam pendistribusian air bersih. Pendistribusian air berisih ini juga dibantu oleh beberapa relawan setempat.

Hampir setiap tahun kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru mengalami krisis air bersih jika kemarau panjang melanda. Namun untuk tahun ini dirasakan sangat parah dibandikan tahun-tahun sebelumnya. Seperti yang di tuturkan oleh Pak Jenal selaku relawan setempat,“ kekeringan yang melanda kecamatan pangkalan tahun ini lebih parah, karena dampak kekeringannya lebih meluas, desa-desa yang sebelumnya tidak mengalami krisis air, kini terkena juga krisis air” tuturnya.

Pada saat musim kemarau seperti ini, sumur yang ada di rumah warga mengering dan memaksa mereka harus mencari sumur air yang masih ada air nya. Seperti yang dirasakan oleh Anwar salah satu warga desa mulangsari Kec. Pangkalan, ia harus mengambil air bersih dari sumur air yang masih mengeluarkan air. “Tahun ini terasa sulit untuk mendapatkan air, ada juga di sumur tapi harus menunggu setengah jam sekali, itu juga hanya dapat dua ember dan harus bergiliran dengan warga yang lain” tutur Anwar.

Melalui penyaluran air ini mudah mudahan dapat bermanfaat bagi warga wilayah Pangkalan dan Tegalwaru dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan IZI mengucapkan terimaksih kepada para donatur yang memberikan kepercayaan kepada IZI untuk menyalurkan dana zakatnya untuk mereka yang membutuhkan.(fjr/dhi)