Beranda Bekasi Lepas 440 Calon Jemaah Haji di Bekasi, Komisi VIII DPR Ingatkan Fokus...

Lepas 440 Calon Jemaah Haji di Bekasi, Komisi VIII DPR Ingatkan Fokus Beribadah

Calon jemaah haji bekasi
Ratusan calon jemaah haji tiba di Embarkasi Bekasi, Jawa Barat. (Foto/istimewa)

BEKASI – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily melepas 440 calon jemaah haji (CJH) dari kloter 2 Embarkasi Bekasi, Jawa Barat. Pria yang akrab disapa Kang Ace itu berpesan agar calon jemaah haji fokus menjalankan ibadah di Tanah Suci Makkah.

“Karena itu, saya berpesan kepada Bapak-Ibu sekalian, manfaatkan ibadah haji ini dengan fokus untuk menjalankan ibadah. Banyak berzikir, banyak bertakbir, banyak melakukan ibadah-ibadah yang mendekatkan diri kita kepada Allah SWT,” kata Kang Ace dalam sambutannya di hadapan calon jemaah haji di UPT Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/5/2023).

Kang Ace meminta calon jemaah haji tak khawatir memikirkan makanan hingga penginapan selama di Makkah. Dia menyebutkan fasilitas makanan dan penginapan itu akan diberikan.

“Bapak-bapak, Ibu-ibu, tidak usah berpikir soal makanan karena nanti Bapak-Ibu akan diberi fasilitas makanan selama di Madinah, di Makkah, dan selama puncak haji. Bapak-bapak, Ibu-ibu, tidak usah berpikir tentang bagaimana koper yang sudah duluan berangkat, karena nanti pasti akan ketemu nanti di Madinah. Ibu-ibu, Bapak-bapak, tidak usah berpikir tentang tidur di mana, karena insyaallah Ibu-ibu, Bapak-bapak, nanti akan menikmati hotel kelas 3 selama di Madinah dan di Makkah,” ujarnya.

Baca juga: 4.460 Calon Jemaah Haji Asal Jabar Belum Lunasi BPIH, Ridwan Kamil: Berikan ke yang Mampu

Dia juga mengimbau calon jemaah haji agar tak khawatir bakal tersesat selama melaksanakan ibadah haji. Dia mengatakan akan ada petugas yang siap melayani dan mendampingi jemaah haji selama berada di Tanah Suci.

“Ibu-ibu, Bapak-bapak tidak usah berpikir nanti akan tersesat atau tidak, karena nanti akan ada petugas yang akan melayani Ibu-Bapak selama di Makkah maupun di Madinah nanti. Jadi tugas Bapak-Ibu, para tamu Allah, adalah fokus dan konsentrasi beribadah nanti di Tanah Suci,” ucapnya.

Selain itu, dia meminta calon jemaah haji taat kepada petugas haji. Kemudian, dia juga meminta agar mereka tetap menjaga kesehatan dan kekompakan selama menjalankan ibadah haji.

“Yang kedua, Ibu-ibu, Bapak-bapak, saya minta untuk taat kepada pembimbing haji dan kepala rombongan maupun kepala regu. Jaga kekompakan, jaga disiplin, termasuk jaga kesehatan,” kata Kang Ace.

Baca juga: Biaya Ibadah Haji Naik, Calon Jemaah di Karawang Harap-harap Cemas

“Jemaah haji Indonesia itu jemaah haji yang dikenal oleh seluruh dunia, kompaknya, murah senyum, jaga nama baik bangsa Indonesia. Jangan misalnya membuat hal-hal yang bisa memalukan bangsa kita, jaga kekompakan, sebagai jemaah haji, jaga kedisiplinan, taat terhadap apa yang disampaikan para petugas haji,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kang Ace menyebut para calon jemaah haji itu merupakan orang yang terpilih dari 5,3 juta orang yang mengantre untuk berangkat haji di tahun ini. Menurutnya, hal itu perlu disyukuri bersama.

“Ibu-ibu, Bapak-bapak, merupakan orang yang terpilih di antara 5,3 juta calon jemaah haji Indonesia yang saat ini mengantre, dan yang antreannya sampai 48 tahun menunggunya.

Di wilayah Sulawesi Selatan bahkan sampai ada yang 48 tahun, mungkin di antara Bapak-Ibu rata-rata mengantre antara 11-15 tahun untuk Kabupaten Cianjur, dan mungkin saat ini untuk Kabupaten Cianjur rata-rata sudah sampai 20 sampai 22 tahun antreannya kalau daftar hari ini. Jadi luar biasa, Bapak-Ibu merupakan orang-orang yang terpilih untuk menjalankan ibadah haji tahun ini,” tuturnya. (*)