Beranda Headline Super Padat! Ini Lima Kecamatan dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Karawang

Super Padat! Ini Lima Kecamatan dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Karawang

Penduduk terbanyak Karawang
Foto/istimewa.

KARAWANG – Kabupaten Karawang dikenal sebagai salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia. Hal itu didasari dari banyaknya perusahaan yang bermukim di Karawang.

Maka tak heran, tingginya peluang usaha di Karawang menjadi magnet bagi masyarakat luar untuk tinggal di Karawang.

Kabupaten Karawang memiliki luas wilayah 1.652,00 km persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 2.508.839 jiwa.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang mencatat lima besar kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Karawang. Di mana saja?

Baca juga: Di Karawang, Ada Dua Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran PBB-P2, Sudah Tau Bedanya?

Di urutan lima ada kecamatan Kota Baru dengan jumlah penduduk sebanyak 140.289 jiwa. Kemudian Telukjambe Timur sebanyak 141.831 jiwa.

Di posisi ketiga ada Karawang Timur dengan jumlah penduduknya sebanyak 156.029 jiwa, lalu Karawang Barat 168.734 jiwa, dan urutan pertama yakni Klari sebanyak 195.489 jiwa.

“Klari paling banyak, karena di Klari banyak perumahan. Kantong-kantong perumahan banyak di Duren, Cibalong sari,” ungkap Plt. Kepala Bidang Pemanfaatan Data Disdukcapil Karawang, Torich Haerachman pada Tvberita.co.id, Selasa (24/5/2023).

Baca juga: Pejabat DPKP Ngaku Pusing Ladeni Pokir Dewan, DPRD Karawang Tersinggung

Selain itu, lonjakan warga pendatang pun terjadi di sejumlah wilayah. Semisal Karawang Barat bertambah 2.700 jiwa, Teluk Jambe Timur 2.900 jiwa, Kotabaru 2.900 jiwa, Karawang Timur 2.800 jiwa dan ada juga Rengasdengklok yang bertambah 2.300 jiwa.

Torich memprediksi, wilayah Majalaya dan Purwasari akan segera menjadi wilayah padat juga karena mulai banyak lahan perumahan baru.

Ia berpesan kepada seluruh migrasi untuk segera mengurus dokumen kepindahan agar Adminduk yang dimiliki sesuai dengan alamat saat ini.

“Penduduk kita bertambah terus, yang paling menjadi magnet itu faktor pekerjaan, akhirnya nyambung ngambil perumahan. Saya harap bagi migrasi yang belum melengkapi dokumen kepindahan, segera urus supaya Adminduk sesuai dengan alamat yang dimiliki,” pungkasnya. (*)