Beranda Karawang Momentum HKSN, Dinsos Karawang Serukan Jangan Kasihani Disabilitas

Momentum HKSN, Dinsos Karawang Serukan Jangan Kasihani Disabilitas

HKSN Disabilitas karawang
Peringatan HKSN 2022 Dinas Sosial Kabupaten Karawang.

KARAWANG – Dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Dinas Sosial Karawang Kampanyekan tagar ‘jangan kasihani disabilitas’.

Kegiatan tersebut dipadukan dengan Perayaan Hari Disabilitas Nasional (HBI). Acara berlangsung di Rumah Galeri Pemda Karawang, Selasa, (20/12) pagi.

Tema yang diusung yaitu partisipasi bermakna menuju pembangunan inklusif yang berkelanjutan. Acara ini dihadiri oleh pilar-pilar sosial akar rumput.

Seperti Karang Taruna Kabupaten Karawang, TKSK, PKH, hingga organisasi disabilitas di Karawang.

Baca juga: Diduga Sempat Kabur, Dinsos Karawang Kembali Amankan ‘Aki Ngesot’

Kepala Dinas Sosial M. Ridwan Salam mengungkapkan, perayaan HKSN ini menjadi momentum meningkatkan kepedulian sosial antar sesama warga.

“Kita kumpulkan semua elemen untuk berkolaborasi mengatasi permasalahan sosial di Karawang,” ungkap Ridwan Salam.

Dalam momentum HKSN, Dinas Sosial Karawang juga mengkampanyekan pembangunan inklusi terhadap kaum disabilitas di Karawang.

“Saya membangun gerakan tagar (bunyinya) jangan kasihani disabilitas. Karena mereka juga sebenarnya punya kemampuan yang sama dengan kita, makanya perlu difasilitasi,” ujarnya.

Baca juga: Catat, Ini Bansos yang Terus Bergulir di Tahun 2022

Di sisi lain, Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Karawang Asep Saefullah menambahkan, pada momen HKSN ini juga pihaknya me-launching program ketahanan pangan.

Dimana, setiap pengurus Karang Taruna dari tingkat kecamatan dan desa diminta untuk aktif membuat program ketahanan pangan.

“Selain itu, kita pamerkan juga produk-produk UMKM milik pengurus Karang Taruna di tingkat bawah. Harapannya, mereka mendapat bantuan mengurus legalitas produk dan pengemasan,” ungkap pria yang akrab disapa Ceong ini.

Terakhir, Ceong menyampaikan, dalam rangka memperingati HKSN ini. Pihaknya mengajak semua pemuda di Karawang untuk ikut aktif dalam menyelesaikan permasalahan sosial di wilayahnya masing-masing.

“Hari kesetiakawanan sosial harus menjadi momentum meningkatkan kepekaan sosial semua anggota Karang Taruna di Karawang,” pungkasnya. (red)