Beranda Regional Pandemi, Prodi Sistem Informasi UBSI Asah Pemahaman Bahasa Pemrograman Lewat Daring

Pandemi, Prodi Sistem Informasi UBSI Asah Pemahaman Bahasa Pemrograman Lewat Daring

Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Program Studi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang, Kampus Kota Bogor, Kampus Kota Sukabumi dan Kampus Kota Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Workshop Online Software Development.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting pada hari Kamis kemarin, (24/6).

Kegiatan sendiri dimulai sejak pukul 18:00 – 21:00 Wib dan dihadiri oleh ratusan peserta dari mahasiswa semester empat (4) Program Studi Sistem Informasi.

Pemateri pada workshop online kali ini adalah Bayu Hendra Winata, S.T sebagai Engineering Support Lead pada PT. Javan Cipta Solusi dan didampingi oleh satu orang moderator yaitu Ilham Kurniawan, M.Kom. Narasumber sendiri sudah berpengalaman proyek dal pengembangan perangkat lunak yang mumpuni dan juga terlibat dalam 50 lebih proyek pengembangan perangkat lunak, baik swasta ataupun pemerintahan, dari dalam maupun luar negeri.

Pemateri Bayi Hendra Winata, menyampaikan kepada mahasiswa UBSI untuk selalu siap belajar bahasa pemrograman yang baru, karena tidak menutup kemungkinan bahasa pemrograman yang saat ini sedang tren, 2–3 tahun kemudian bahasa pemrograman tersebut bisa saja sudah tidak relevan.

“Belajar bahasa pemrograman zaman sekarang itu tidak seperti belajar bahasa pemrograman jaman dulu, di jaman sekarang sudah banyak sekali tools yang dapat mempermudah dan mempercepat kita membangun suatu perangkat lunak, belum lagi dengan adanya framework seperti Laravel, CodeIgniter dan juga dengan adanya Composer yang mempermudah kita instalasi framework dan library untuk mempermudah pembuatan dari perangkat lunak itu sendiri” ujarnya.

Sementara Kepala Program Studi Sistem Informasi Kampus Kampus Kota Bogor, Dewi Ayu Nur Wulandari, M.Kom mengatakan, meskipun di tengah pandemi Covid-19 UBSI terus berupaya memberikan fasilitas kepada mahasiswa dengan menghadirkan orang-orang yang expert di bidangnya untuk memberikan pengetahuan, pengalaman serta wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa UBSI.

“Sehingga kegiatan ini kiranya dapat memberikan pengetahuan juga kepada mahasiswa bahwasanya Sertifikasi Kompetensi itu dibutuhkan sebagai nilai lebih yang dapat dicantumkan pada CV ketika mahasiswa hendak mencari pekerjaan, ” Katanya.

Dikatakan Kepala Program Studi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang, Abdussomad M.Kom, ia sangat berharap dengan adanya kegiatan kali ini agar mahasiswa dapat memaksimalkan pembelajaran diluar kampus, karena diakui Somad, memang banyak sekali online course yang tidak berbayar, atau pun pelatihan pemrograman sampai mendapatkan sertifikat kompetensi yang tidak berbayar juga.

“Jadi, dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan mahasiswa tidak hanya mengandalkan pembelajaran dikampus saja, tapi juga bisa memaksimalkan pembelajaran di luar kampus,” ungkapnya. (kie)

Artikel sebelumnyaBuntut Kisruh SOP Covid-19, Izin RS Helsa Cikampek Disorot
Artikel selanjutnya153 Warga Karawang Positif Covid, Dalam Tiga Hari Terakhir Meninggal Dunia