Beranda Regional Pastikan Kesiapan Mudik Lebaran, Bupati Tinjau PAM Lebaran 2019

Pastikan Kesiapan Mudik Lebaran, Bupati Tinjau PAM Lebaran 2019

MAJALENGKA, TVBERITA.CO.ID- Dalam rangka memastikan kesiapan Posko PAM menjelang arus Mudik Lebaran tahun 2019, Bupati beserta unsur Forkominda diantaranya Kajari, Dandim 0617, Dan Lanud S Sukani dan Kapolres beserta jajarannya, lakukan peninjauan langsung Posko Pengamanan Arus Mudik (PAM).

 

Turut mendampingi Bupati Kadishub, Kasat Pol PP, Kadis BMCK, serta jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Majalengka.

Pada pukul 08.30 Bupati beserta rombongan langsung menuju Pos PAM Kadipaten kemudian dilanjutkan ke Pos PAM di Rest Area Cipali KM 166, Pos PAM Rest Area Cipali 164, dan terakhir Pos PAM Jatiwangi, Rabu (29/05).

Dalam penuturannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan bahwa peninjauan Pos PAM ini dalam rangka pengamanan menjelang arus mudik lebaran, dimulai dari Pos PAM Kadipaten, pada saat peninjauan Pos, kami pun sekaligus memberikan bingkisan berupa parcel kepada petugas pengamanan, seperti yang kita saksikan bersama sarana-sarana sudah siap sedia dan luar biasa serta personil pun sudah siaga termasuk di Rest Area Cipali KM 166 dengan bantuan CCTV yang terpasang di jalan, bisa memonitor pergerakan kendaraan dari segala arah.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang kita laksanakan bersama oleh karena itu kita secara intensif berkoordinasi dengan TNI-POLRI dalam rangka mengamankan pemudik-pemudik yang diperkirakan tahun ini akan meningkat.

Bupati menambahkan dengan kebijakan satu arah yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat pada arus mudik lebaran tahun ini tentunya akan sangat membantu dalam mengatasi kemacetan total seperti yang telah terjadi pada tahun-tahun yang lalu, kemudian agar tidak terjadinya penumpukan di Rest Area yang akan disinggahi oleh masyarakat untuk beristirahat nantinya Kapolres sudah mengatur dan akan dilakukan himbauan agar masyarkat bisa bergantian beristirahat di Rest Area tersebut.

“Saya berterimakasih kepada Kapolres dan juga Dandim yang selalu berkoordinasi, semua ini demi kenyamanan pemudik”, tutup Bupati.

Sementara itu Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa hari ini TNI-POLRI serta unsur terkait melaksanakan peninjauan Pos PAM di wilayah Kab. Majalengka, jumlah Pos PAM di seluruh titik Kab. Majalengka berjumlah 24 Pos dengan rincian 2 Pos Pelayanan, 6 Pos Pengamanan, dan 16 Pos Jaga atur (Gatur). Khusus di Area Tol Cipali sedikitnya 40 personil akan berjaga dalam satu kali piket. Jumlah tersebut belum termasuk 20 personil yang bertugas mengurai kemacetan di jalan tol Cipali.

Kapolres menambahkan ketersediaan Rest Area di area Cipali ini diperuntukkan bagi masyarakat yang mudik untuk beristirahat, ketika lelah segeralah untuk beristirahat di Rest Area dan jangan memaksakan ketika keadaan sudah seharusnya untuk beristirahat. Kepadatan Pemudik diperkirakan mulai terjadi esok hari tepatnya hari Kamis, sementara itu fokus kami di Ops Ketupat Lodaya tahun 2019 ini adalah untuk menurunkan angka kecelakan yang pertama, kemudian untuk memperlancar arus mudik dan arus balik.

“Tak lupa juga Kami menghimbau kepada para pemudik pada arus mudik lebaran 1440 H ini, siapkan dengan benar kondisi baik itu fisik dan juga kendaraan anda, pastikan semua dalam kondisi prima supaya tidak menghambat pada saat melaksanakan mudik,” jelas Kapolres.(hms/kb)