Beranda Headline Perjuangan Omay, Seorang Hansip yang Kuliahkan Anak hingga Lulus Cumlaude di UBP...

Perjuangan Omay, Seorang Hansip yang Kuliahkan Anak hingga Lulus Cumlaude di UBP Karawang

Hansip predikat cumlaude di karawang
Omay, seorang hansip berhasil kuliahkan anaknya hingga lulus cumlaude di UBP Karawang.

KARAWANG – Senyum pria berseragam hansip itu merekah saat menyaksikan anak perempuannya diwisuda dengan predikat cumlaude.

Raut kebahagiaan terpancar dari wajahnya, matanya berkaca-kaca menahan haru melihat putri kesayangannya mengenakan toga.

Hansip itu adalah Omay Zaelani Rohman. Dia bertugas sebagai hansip di Desa Bengle, Kecamatan Majalaya, Karawang.

Anak perempuannya, Nita Fitriyani merupakan mahasiswi Program Studi Teknik Informatika Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Nita berhasil meraih IPK 3,83 dan menjadi wisudawati terbaik di acara wisuda Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang di gedung serbaguna Maruli, Karawang.

Baca juga: Kisah Aprilia Kembangkan Kuliner Gudeg Eyang di Karawang, Sempat Mati Suri, Kini Ramai Diserbu Pelanggan

Saat ditemui, Omay berkali-kali menyatakan rasa bangga terhadap putrinya itu. Dia seakan tak percaya dapat mengantarkan anaknya menjadi sarjana.

“Intinya saya amat bangga anak bisa lulus, apalagi menjadi mahasiswi terbaik, meski bapaknya seorang linmas tapi anak saya bisa menjadi yang terbaik,” ucap Omay penuh haru, Sabtu (22/6).

Pria berusia 48 tahun itu berkisah, rasa was-was sempat menghantuinya apakah mampu membiayai anaknya kuliah hingga lulus. Mengingat penghasilannya sebagai hansip yang tak seberapa.

“Honor linmas dihitung per bulannya Rp 475 ribu,” kata dia.

Meski demikian, ia bersama sang istri, Acah Kurniawati bertekad keras agar putri sulungnya itu jangan sampai putus kuliah hanya karena ketiadaan biaya.

Di luar kesehariannya sebagai hansip, dia pun bekerja serabutan, dari kuli konveksi hingga menjadi tukang bangunan. Begitu pun dengan sang istri, turut membantu ekonomi keluarga dengan membuka usaha kue kecil-kecilan.

Baca juga: 3 Jabatan Pimpinan OPD dan BLUD Kosong, Bupati Karawang Perintahkan 9 ASN Ini Ikut Seleksi

“Atas izin Allah kalaupun usaha saya begini sekedar linmas, tapi setelah itu saya juga kuli di luar, serabutan apa aja, yang penting apa aja bisa kuliahkan anak,” ucapnya.

Ingin bahagiakan orang tua
Hansip predikat cumlaude di karawang
Omay, seorang hansip berhasil kuliahkan anaknya hingga lulus cumlaude di UBP Karawang.

Sementara, Nita Fitriyani mengaku tak malu dengan profesi ayahnya. Ia justru sangat berterima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah berjuang banting tulang membiayai kuliahnya.

Sadar dengan ekonomi keluarga yang tidak seberapa, Nita pun berusaha berjuang dengan caranya sendiri, yaitu mengejar beasiswa.

“Alhamdulillah di semester akhir aku dapat beasiswa Karawang Cerdas, dapat bantuan Rp 6 juta per tahun jadi kebantu,” katanya.

“Aku ngelihatnya bapak itu perjuangannya sangat besar sekali, jadi harus bikin timbal balik gitu. Alhamdulillah saya bisa dan bersyukur bisa berikan yang terbaik,” seru Nita.

Baca juga: Pemkab Karawang Gratiskan Pajak Sawah di Bawah 3 Hektare

Luluskan 378 sarjana

Sementara, Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM mengatakan, sebanyak 378 mahasiswa dan mahasiswi dari 11 program studi (prodi) mengikuti sidang terbuka senat pada wisuda program sarjana ke-8 kali ini.

Rektor berharap para lulusan ini tetap menjaga nama baik almamater dan mampu menjadi SDM unggul di mana pun mereka berkarir.

“Semoga para wisudawan dan wisudawati UBP Karawang dapat mencapai cita-citanya, bisa mengharumkan nama almamater, berguna bagi bangsa maupun negara, tentunya dengan kompetensi yang telah kami berikan selama ini,” tutupnya. (*)