Beranda Headline Polisi Gerebek Gudang Gas Elpiji Oplosan di Karawang, Setahun Raup Untung Ratusan...

Polisi Gerebek Gudang Gas Elpiji Oplosan di Karawang, Setahun Raup Untung Ratusan Juta

Gas Elpiji oplosan di karawang
Polres Karawang menggerebek lokasi gudang gas elpiji oplosan di Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

KARAWANG – Satreskrim Polres Karawang menggerebek gudang gas elpiji oplosan di Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, tindakan curang yang dilakukan dua pelaku ialah menyuntik tabung gas subsidi ke tabung nonsubsidi.

“Jadi yang dipindahkan itu, dari gas elpiji 3 kilogram dimasukkan ke dalam tabung gas 5,5 kilogram dan 12 kilogram,” ungkap Wirdhanto, Senin (24/7) kepada awak media.

Penggerebekan bermula saat petugas mencurigai adanya praktik penyuntikan gas elpiji di sebuah gudang bekas bengkel di Desa Parungsari.

Baca juga: Empat Pengoplos Elpiji Subsidi di Karawang Terancam 6 Tahun Penjara

Benar saja, ketika petugas melakukan penggerebekan pada Jumat (20/7) kemarin, didapati dua orang pelaku sedang melakukan proses penyuntikan gas elpiji.

Dua pelaku, yakni EA (26) dan DH (38) diamankan dari lokasi tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, praktik curang ini sudah berjalan sekitar 1 tahun. Keuntungan yang didapat pun ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga: Tiga Pembacok Remaja hingga Tewas di Karawang Diciduk Polisi, Dua Masih di Bawah Umur

“Sudah hampir mencapai ribuan tabung gas kilogram yang disubsidi oleh pemerintah itu, dibeli oleh pelaku, kemudian dipindahkan ke tabung gas 12 kilogram dan 5 setengah kilogram,” paparnya.

Satu pelaku masih diburu

Wirdhanto menjelaskan, dari kasus ini polisi masih mengejar satu pelaku lainnya yaitu inisial D. Pelaku D berperan sebagai orang yang menyewa dan memfasilitasi lokasi praktik ini.