Beranda Regional Polres Metro Bekasi dan Dinkes Aktif Lakukan Tes Antigen ke Warga Mudik

Polres Metro Bekasi dan Dinkes Aktif Lakukan Tes Antigen ke Warga Mudik

KOTA BEKASI – Jajaran Polres Metro Bekasi Kota dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi aktif melakukan tes antigen kepada warga usai melakukan mudik. Tes dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 khususnya di kota Bekasi.

Terlihat di Polsek Bekasi Selatan, warga dari berapa kelurahan mendatangi mapolsek untuk mendapat pelayanan tes Antigen gratis dari petugas kesehatan Puskesmas Pekayon Jaya pada Kamis (20/05)

Kepala Puskesmas Pekayon Jaya Drg.Ickman Seno Basuki menuturkan, bahwa telah menyiapkan 80 alat rapid untuk warga. Warga yang sudah dilakukan tes akan diberikan surat keterangan dari hasil tes Antigen.

“Target utama adalah warga yang kmrin mudik dan sudah kembali ke kota Bekasi. Sejauh ini dari 80 pemeriksaan hanya ada 2 orang yang positif warga domisili kayuringin Jaya dan selanjutnya akan dilakukan tes PCR,” ujar Drg. Ickman saat dikonfirmasi.

Pelayanan Swab Antigen gratis ini memang dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Polres Metro Bekasi Kota bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi,

“Hal ini dilakukan karena banyak warga yang melakukan perjalanan mudik pada lebaran 2021,”jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol. Imam Safi’i menuturkan bahwa kegiatan tersebut juga sejalan dengan instruksi Polda Metro Jaya untuk melakukan tes antigen kepada pemudik yang telah kembali ke tempat asal.

“Ini memang serentak dilaksanakan seluruh jajaran Polda Metro Jaya, termasuk polres dan Polsek jajaran dilaksanakan atas perintah bapak Kapolda dalam rangka antisipasi penularan ataupun pencegahan penularan wabah Covid-19, sasaran utamanya adalah bagi warga masyarakat yang kembali dari mudik dan kembali ke Bekasi Selatan,” kata Kapolsek.

Di kota Bekasi, ada beberapa Pos Penyekatan untuk memantau warga yang kembali dari mudik dan melintasi Kota Bekasi atau memang tinggal di Kota Bekasi untuk dilakukan Swab antigen. Namun, ada saja warga yang lolos dari penyekatan yang akan masuk ke wilayah Kota Bekasi.

“Namun demikian, belum tentu semuanya dapat tercover, untuk itulah kami Bekasi Selatan menyisir bekerjasama dengan tiga pilar dan mendata warga masyarakat yang baru datang dari mudik untuk melakukan Swab antigen secara gratis di Polsek,” katanya.

Petugas telah menyiapkan Rapid test Antigen Pekayon Jaya 80 pcs Terbagi untuk 2 kegiatan yaitu 50 untuk di Polsek Bekasi Selatan dan 30 pcs untuk rapid mobile di RW 04 kelurahan Pekayon Jaya.

“Polsek Bekasi Selatan sudah 5 hari yang lalu sejak Minggu 16 Mei mendirikan posko tes Swab Antigen secara gratis kepada warga. Antusiasme warga sejauh ini sangat besar, dengan banyaknya warga yang datang ke Mapolsek untuk mendapatkan Swab antigen gratis,”bebernya.

Dalam Swab Antigen di Polsek Bekasi Selatan, pada Kamis 20 Mei ada 2 warga yang reaktif saat menjalani tes Antigen. Petugas kesehatan kemudian menindaklanjuti dengan melakukan tes PCR kepada yang bersangkutan (ais).

Artikel sebelumnyaRahmat Toleng anggap Selama Belum ada Surat Pengunduran dari Jimmy itu hanya Bobodoran
Artikel selanjutnyaKetua PC NU Karawang; Kalau Gak Milih PKB Kualat