Beranda Bandung PPDB Jabar Dibuka 6 Juni, Ridwan Kamil: Ada Pungli, Viralkan!

PPDB Jabar Dibuka 6 Juni, Ridwan Kamil: Ada Pungli, Viralkan!

Pungli ppdb jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta masyarakat dan media jika menemui praktik pungli PPDB agar diviralkan. (Foto/istimewa)

BANDUNG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 di Jawa Barat tahap I siap dibuka 6 Juni 2023 mendatang.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta masyarakat ikut mengawasi potensi kejahatan seperti pungutan liar (pungli) ataupun jual beli kursi siswa selama proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 tingkat SMA, SMK, SLB di Jabar.

Caranya, dengan merekam dan mengunggah di media sosial.

“Saya minta media dan masyarakat viralkan saja kalau ada yang seperti itu (jual beli kursi dan pungli) di PPDB ini. Zaman sekarang viralkan saja karena pasti kita tindak lanjuti,” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat ditemui usai PPDB Jabar 2023 di SMAN 4 Padalarang, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: 4.460 Calon Jemaah Haji Asal Jabar Belum Lunasi BPIH, Ridwan Kamil: Berikan ke yang Mampu

Untuk menghindari praktik pungli, PPDB 2023 kembali menggunakan sistem pendaftaran daring melalui situs web Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat serta aplikasi Sapa Warga milik Dinas Komunikasi dan Informasi Jabar.

“Tahun lalu jumlah yang mendaftar mencapai 80 persen menggunakan aplikasi Sapa Warga. Hal yang kurang tahun lalu terus disempurnakan dan hal-hal baik yang sudah bagus kita pertahankan. Mudah-mudahan tahun ini makin sempurna, berkurang segala dinamikanya. Dan pada prinsipnya semua difasilitasi,” ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Meski demikian, Emil mengingatkan bahwa tidak semua pendaftar bisa diterima di sekolah negeri.

Demi pemerataan peserta didik maka tidak semua pendaftar bisa diterima di sekolah negeri yang mereka inginkan.

Baca juga: Jabar Jadi Medan Perang Strategis Pilpres, Dominasi Prabowo Terancam Gerilya Anies dan Ganjar

“Tapi saya titip tidak semuanya diterima di negeri kan, keseimbangan dengan sekolah swasta juga terus kita perhatikan. Yang penting semua anak Jawa Barat harus sekolah,” kata Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, pada PPDB 2023, calon peserta didik bisa mendaftar melalui situs web resmi Disdik Jabar ataupun aplikasi Sapa Warga.

Infrastruktur situs web itu sudah dirancang untuk memudahkan para peserta didik melaksanakan pendaftaran tanpa antre.

“Ada beberapa perbaikan PPDB tahun 2023, mulai dari pendaftaran online melalui website resmi Disdik Jabar, lalu aplikasi Sapa Warga. Nanti pendaftar bisa tracking posisi google maps, dan ada masa sanggah serta ada notifikasi,” tutur Wahyu. (*)