Beranda Regional Prestasi Pemkot Bekasi, 4 Kali Raih Opini WTP dari BPK Jabar

Prestasi Pemkot Bekasi, 4 Kali Raih Opini WTP dari BPK Jabar

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Perwakilan BPK RI Prov Jabar mengumumkan 10 Kota dan Kabupaten yang mendapatkan Penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 di Kantor BPK RI Provinsi Jawa Barat, Jl. M. Toha, Kota Bandung Selasa 28 Mei 2019.

 

Penyerahan penghargaan WTP dilakukan siang ini di gedung BPK Jl. M Toha Bandung Jawa Barat. Kota Bekasi masuk sebagai salah satu Kota yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2018.

Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi di dampingi Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi dari fraksi Partai Golkar H.Edi dan juga jajaran SKPD diantaranya Kepala Bapenda, Inspektur Kota Bekasi, Kepala Bapeda dan Kepala BPKAD jadir dalam acara tersebut.

Walikota Bekasi merasa sangat bersyukur dan sangat bangga dengan capaian WTP secara berturut-turut dan ini adalah yang ke 4 kalinya. Namun demikian peningkatan dan evaluasi yang saat ini dicapai harus terus dilakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas laporan keuangan berikutnya. Wali Kota mengatakan pihaknya beserta Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto terus berupaya meningkatkan capaian capaian untuk Pemerintah Kota Bekasi di semua lini penyelenggaraan pemerintahan.

“Sangat Bersyukur. Dengan pengelolaan keuangan yang semakin baik di harapkan kepuasan warga juga akan lebih baik lagi,” Ungkap Rahmat Effendi.

Opini WTP diperoleh dalam hal penyusunan laporan keuangan daerah yang sudah memenuhi Standar Akuntansi Pemerintahan sesuai dengan amanat PP 71 Tahun 2010, kecukupan pengungkapan, sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Selain Kota Bekasi, pada hari ini hadir Kota dan Kabupaten lain yang Kabupaten yang mendapatkan WTP dan berhasil mempertahankann WTP yakni dari Kota Cimahi, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kabuten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota Tasikmalaya. Adapun 3 Kota dan Kabupaten yang mendapatkan Opini Wajar Dengan Pengecualian yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Wali Kota Bekasi juga berharap capaian ini akan lebih memacu semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bekasi dalam menjalankan tugas penyerapan dan penggunaan anggaran. Kedepan masih menurutnya Pemkot Bekasi terus melakukan upaya perbaikan pengelolaan keuangan negara (daerah).

Pihaknya juga mengaperesiasi kinerja SKPD yang semakin baik dalam pengelolaan keuangan.

”Memang belum sempurna, tapi kita terus usahakan dan hasilnya hari ini kita kembali WTP ke empat ” ujar Wali Kota Bekasi.(hms/kb)