Beranda Karawang Ribuan Hektare Sawah Kekeringan, DPKP Karawang Janji Siapkan Solusi Konkret

Ribuan Hektare Sawah Kekeringan, DPKP Karawang Janji Siapkan Solusi Konkret

DPKP Karawang sawah kekeringan
Kepala DPKP Kabupaten Karawang, Asep Hazar.

KARAWANG – Sekitar seribu lebih hektare sawah di Kabupaten Karawang dilanda kekeringan. Selain karena faktor cuaca, kondisi tersebut diiakibatkan pengendapan lumpur dan sampah.

Hal itu berdasarkan survei DPKP Karawang ke sejumlah areal sawah kekeringan di Kecamatan Pakisjaya, Cibuaya, Purwasari dan Banyusari.

“Itu yang udah kita survei (sawah kekeringan), udah kita identifikasi, salah satunya adalah pendangkalan di tersier, ada pengendapan lumpur dan sampah,” ujar Kepala DPKP Kabupaten Karawang, Asep Hadzar pada Jumat, 1 September 2023.

Baca juga: BPBD Karawang Minta Perusahaan Ikut Bantu Warga Terdampak Kekeringan

Ia merinci, pesawahan yang terdampak kekeringan ada di Banyusari sekitar 600 hektare, Cibuaya 700 hektare, Pakisjaya 350 hektare dan Tempuran 50 hektare.

Pihaknya menjanjikan, mulai pekan depan akan turun langsung menangani persoalan tersebut sesuai hasil koordinasi dengan beberapa OPD terkait hingga aparatur desa.

“Insyaallah Minggu depan kita action mengatasi di beberapa wilayah. Tapi sebenernya ada juga yang karena belum musim tanam, air ada, tapi harus pake pompa,” terang Asep.

Baca juga: Dampak El Nino Bisa Picu Penyakit, Warga Karawang Diminta Pakai Masker saat Keluar Rumah

Kendati begitu, ia memastikan bahwa ketersediaan air di Jatiluhur masih dalam kondisi bagus. Sehingga ia meminta agar masyarakat Karawang untuk turut menjaga saluran air dari tumpukan sampah.

“Hari ini sampai bulan depan Jatiluhur insyaallah bagus, 97,4 kalo gak salah tadi pagi. Itu artinya kita masih ada batas toleransi, masih baguslah suplai air ke sekunder,” katanya.

“Masyarakat bantu saluran supaya jangan ada sampah ya, terutama yang dekat pemukiman. Sampah-sampah itu mengganggu,” pungkasnya. (*)