Beranda Headline Saat Seniman Karawang Sosialisasikan Program KB lewat Pentas Seni

Saat Seniman Karawang Sosialisasikan Program KB lewat Pentas Seni

Seniman karawang keluarga berencana
Puluhan seniman Karawang mensosialisasikan program Keluarga Berencana (KB) melalui pentas seni.

KARAWANG – Puluhan seniman membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dalam mensosialisasikan program Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat melalui pentas seni.

Para seniman itu menggelar menampilkan pertunjukan tari dan drama seputar pencegahan gizi buruk hingga program KB di Pendopo Karangpawitan, Karawang Barat.

Subkoor Kesenian Disparbud Karawang, Waya Karmila menyampaikan, 31 orang tersebut dinamakan Seniman peduli Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana).

“Udah ikut berkontribusi mensosialisasikan program keluarga sejahtera sejak 2 tahun lalu. Senimannya dari berbagai genre dari mulai seniman modern hingga tradisi,” ujarnya saat diwawancarai pada Rabu, (9/8).

Baca juga: PWI-Pemkab Ulas Sejarah Napak Tilas Bung Karno di Rengasdengklok Karawang

Ia melanjutkan, seniman modern itu meliputi artis dan pemain dangdut, sedangkan seniman tradisi itu seperti wayang, seniman topeng hingga calung.

Sistem sosialisasinya, mereka menyelipkan materi tentang KB saat sedang tampil dalam acara pentas seni. Namun, khusus seniman peduli Bangga Kencana ini ada pertemuan khusus rutin sebulan sekali.

“Menurut data seniman Karawang ada 2.400 sekian di tahun ini, dan ada 31 seniman yang terlibat membantu program sosialisasi,” lanjutnya.

Baca juga: Permen Seharga Rp 1,3 Juta Beredar di Karawang, Ternyata Isinya Sabu

Waya memberikan masukan, bahwa OPD lain seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan lain-lain juga bisa ikut menggandeng seniman untuk program sosialisasi.

Karena menurutnya, seniman adalah elemen yang dekat dan bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Seniman bisa mengemas sosialisasi menjadi lebih menarik, diselipkan saat mereka manggung dimasing-masing pentas,” pungkasnya. (*)