Beranda Headline Siap-siap, Polres Karawang Mau Gencarkan Razia Knalpot Brong hingga ke Perkampungan

Siap-siap, Polres Karawang Mau Gencarkan Razia Knalpot Brong hingga ke Perkampungan

Razia knalpot ke perkampungan karawang
Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto menegaskan akan melakukan razia knalpot brong sampai ke perkampungan.

KARAWANG – Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono menegaskan akan menggencarkan razia sepeda motor yang masih menggunakan knalpot brong sampai ke perkampungan.

Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat serta meminimalisir potensi pelanggaran di jalanan.

Wirdhanto bilang, pihaknya akan melakukan razia secara rutin di titik-titik keramaian, bahkan memeriksa bengkel-bengkel ke setiap perkampungan yang melakukan operasi pemasangan knalpot bising.

Baca juga: Bupati Aep Ajak Warga Karawang Tak Gunakan Knalpot Brong, Jika Membandel Siap-siap Disanksi

“Kita akan kolaborasi bersama pemerintah daerah sampai ke tingkat kecamatan, kita akan lakukan operasi secara rutin yang nanti jam dan waktunya akan dilaksanakan secara random,” kata Wirdhanto usai Deklarasi Anti Knalpot Brong di Plaza Pemda Karawang, Rabu, 17 Januari 2024.

Razia knalpot ke perkampungan karawang
Satlantas Polres Karawang melakukan razia knalpot bising di wilayah perkotaan Karawang beberapa waktu lalu.

Ditegaskannya, larangan penggunaan knalpot brong tertuang dalam Undang-undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 dan Perda Karawang Nomor 12 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat.

Di mana dalam Perda tersebut, sasaran penertiban tidak hanya bagi pengguna, tetapi juga untuk penjual maupun bengkel-bengkel yang mengoperasikan pemasangan knalpot yang tidak sesuai standar.

Baca juga: Belasan Motor Knalpot Brong Terjaring Razia di Karawang, Harus Diganti Standar Jika Mau Diambil

“Kami sudah komunikasi dengan Kajari dan Ketua PN (Pengadilan Negeri), akan kita laksanakan supaya nanti perda ini betul-betul berefek mendisiplinkan masyarakat dalam tertib lalu lintas,” pungkasnya.