Beranda Headline Situs Info Loker Karawang Digandrungi Pencaker, Diklaim Efektif Perangi Calo

Situs Info Loker Karawang Digandrungi Pencaker, Diklaim Efektif Perangi Calo

Situs info loker karawang
Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Soni Luthfi Rahman menyebut situs Info Loker Karawang efektif perangi calo tenaga kerja.

KARAWANG – Situs Info Loker Karawang kini tengah digandrungi para pencari kerja (pencaker). Jumlah pemilik akun dari kalangan pencaker telah mencapai 196 ribu dan akan terus bertambah.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Soni Luthfi Rahman menyebutkan, dalam 1 bulan jumlah pengunjung website resmi milik Pemkab Karawang itu bisa mencapai 1 juta orang.

Sementara itu, perusahaan yang terintegrasi dengan Info Loker Karawang jumlahnya sebanyak 954, terus bertambah dan mendekati 1.000 perusahaan.

Baca juga: SMPN 1 Kotabaru Karawang Diduga Pungli PPDB, Per 1 Siswa Dipatok Rp 200 Ribu

“Semenjak tahun 2020, info loker digagas untuk meminimalisir orang ketiga (calo) dan website ini dikhususkan hanya untuk orang ber-KTP Karawang,” ujarnya Soni saat diwawancarai tvberita.co.id pada Selasa, 4 Juni 2024.

Ia menerangkan, semenjak website Info Loker Karawang hadir, banyak sekali kemudahan yang dirasakan baik oleh pencaker, pemerintah dan juga perusahaan.

Bagi pencaker khususnya, mereka tidak perlu lagi mencetak berkas fisik atau jauh-jauh mendaftar ke disnaker, karena proses perekrutannya dilaksanakan secara online.

“Berkas fisik udah gak diperlukan sama sekali, pencaker jadi tidak boros untuk cetak ini itu. Ini tentu memudahkan sekali,” terangnya.

Baca juga: NasDem Rekomendasi Petahana Aep Syaepuloh Maju di Pilkada Karawang 2024

Selain itu, keberadaan situs ini juga berdampak terhadap serapan kerja. Pada tahun 2023 lalu, lanjut Soni, dari 30 ribu lulusan SLTA, terserap sebanyak 10.132 orang.

“Sebelum ada info loker, serapan lebih sedikit. Sekarang terus meningkat karena perusahaan mudah membagikan informasi lowongan kerja, dan pencaker mudah mengakses informasi,” katanya.