Beranda Karawang Warga Karawang Disebut Lebih Hobi Buka Medsos Dibanding Baca Buku

Warga Karawang Disebut Lebih Hobi Buka Medsos Dibanding Baca Buku

Warga karawang baca buku digital
Ilustrasi perpustakaan. Disperpusip Karawang menyebut warga lebih hobi baca buku digital dibanding datang langsung ke perpustakaan. (Foto: ist)

KARAWANG – Survei Tingkat Gemar Membaca (TGM) Karawang menunjukkan kenaikan di 2023. Namun, intensitas kunjungan perpustakaan masih terbilang rendah.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Karawang, Rina Herawati menyampaikan, menurut survei TGM 2023 ditemukan kegiatan sehari-hari masyarakat Karawang dominan mengakses sosial media.

Angkanya paling tinggi mencapai 39.5 persen, berbanding jauh dengan survei membaca buku cetak yang angkanya hanya 7.5 persen.

Baca juga: Hasil Survei, Tingkat Gemar Membaca Warga Karawang Alami Kenaikan

“Intensitas kunjungan perpus, yang sering itu 10.8 persen, kadang-kadang (berkunjung) 57.0 persen dan yang tidak pernah berkunjung sama sekali 32.3 persen,” paparnya kepada tvberita.co.id pada Senin, 18 Desember 2023.

Menurut Rina, faktor kemungkinan yang menyebabkan rendahnya kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah Karawang, adalah lokasi perpus yang tersembunyi.

Selain itu, warga Karawang juga kini lebih suka baca buku digital dibanding membaca buku cetak.

Baca juga: 4 Rekomendasi Street Food Purwakarta, Harga Gak Bikin Tekor

“Membaca bahan bacaan atau mengakses informasi dari internet angkanya 26.0 persen,” ujarnya.