Beranda Karawang Wujudkan Kedaulatan Pangan lewat Program Bina Rupiah dan Ruhiah di Karawang

Wujudkan Kedaulatan Pangan lewat Program Bina Rupiah dan Ruhiah di Karawang

Kedaulatan pangan di karawang
Yayasan Baitul Maal PLN dan Yayasan Tepian Peduli Tepian Negeri menggelar panen raya dan pemberdayaan petani di Desa Cipondoh, Kecamatan Tirtamulya, Karawang pada Selasa (14/3/2023). Hal itu dilakukan guna mewujudkan kedaulatan pangan di Karawang.

KARAWANG – Yayasan Peduli Tepian Negeri (YPTN) dan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN menggelar panen raya dan pemberdayaan petani di Desa Cipondoh, Kecamatan Tirtamulya, Karawang pada Selasa (14/3/2023).

Ketua Yayasan Peduli Tepian Negeri, Halwani menyampaikan, giat tersebut merupakan program Pemberdayaan Pahlawan Pangan Bangsa dilaksanakan secara kolaboratif. Tujuannya, untuk mencapai kedaulatan produksi pangan karena Karawang sendiri termasuk pusat produksi beras.

“Ketahanan pangan menjadi isu yang sangat serius di tahun 2023. Ini ikhtiar kita bersama untuk memberdayakan petani sehingga kedaulatan pangan di Indonesia bisa terwujud. Apalagi Karawang sebagai pusat lumbung padi, berasnya akan jadi penentu produksi nasional,” ujarnya kepada tvberita.co.id.

Baca juga: Panen Raya di Karawang, KSP Moeldoko Jawab Keluhan Petani soal Harga Pupuk Mahal

Ia menjelaskan, program pemberdayaannya berupa pemberian modal untuk bertani dan pembinaan spiritual, nama programnya; Bina Rupiah dan Bina Ruhiah.

“Program ini meliputi pemberdayaan petani mulai dari modal bertani (Bina Rupiah) hingga pembinaan secara spiritual (Bina Ruhiah),” jelasnya.

Sementara itu, untuk realisasi aktivitas, pihaknya menargetkan sawah seluas 6 hektare untuk menghasilkan gabah kering dengan melibatkan 120 mitra petani.

“Harapannya setiap 1 hektar lahan yang di garap dapat menghasilkan 5-6 ton gabah kering untuk memberi manfaat kepada pesantren-pesantren di daerah sekitar karawang,” ungkapnya

Yusrizal Ibrani, Ketua II YBM PLN Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan menambahkan, khusus Bina Ruhiah pihaknya mendampingi petani secara spiritual dengan berbagai giat rohaniah.