Beranda Berita Baik 7 Cara Mengatasi Insecure yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Cara Mengatasi Insecure yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara mengatasi insecure
Foto ilustrasi.

TVBERITA.CO.ID – Setiap manusia itu unik dan beragam, namun tetap saja sebagian dari kita ada yang memiliki kepercayaan diri tinggi bahkan ada juga yang bermasalah dengan kepercayaan dirinya.

Bagi kalian yang memiliki masalah dalam hal kepercayaan diri atau sering merasa insecure, ada beberapa hal yang perlu kalian garis bawahi.

Simak 7 penjelasan berikut mengenai cara mengatasi insecure:

1. Kenali Diri Sendiri

Ini adalah hal yang paling utama, kamu harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu agar bisa mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam dirimu.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tak Kebablasan, Buat Skala Prioritas

Ketika kamu sudah mengenal kelebihan dan kekurangan dalam diri, kamu bisa mulai untuk mengembangkan potensi diri dan melatih kekurangan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Stop membanding-bandingkan diri dengan orang lain, sesekali mungkin bisa mendorong (memotivasi) kamu, tapi kalau terlalu sering akan berdampak kurang baik.

Kamu akan cenderung merasa insecure karena melihat pencapaian, penampilan, prestasi dan keberhasilan orang-orang. Akhirnya waktumu untuk mengembangkan diri akan banyak terbuang karena fokusmu malah membandingkan diri.

3. Pilih Pergaulan Sehat

Kamu harus pandai dalam memilih pergaulan, sebab pergaulan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam membentuk pribadi seseorang baik positif maupun negatif.

Semakin sehat sirkelmu, maka kamu akan terdorong juga untuk menjadi pribadi yang lebih sehat.

4. Perhatikan Kesehatan

Ketika tubuh kamu sehat, kamu akan lebih mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dan sebaliknya, ketika tubuh kamu sakit, maka waktumu akan lebih banyak digunakan untuk istirahat dan menyembuhkan diri.

Ini perlu diperhatikan, baik kesehatan secara fisik, maupun psikis. Bagaimana seseorang akan menunjukkan kepercayaan diri jika tubuhnya saja dalam keadaan sakit.

Baca juga: 3 Tips Sederhana Manajemen Waktu Agar Lebih Efektif dan Teratur

5. Lawan Rasa Takut

Rasa takut adalah perasaan normal yang muncul pada semua makhluk hidup. Namun, jika rasa takut ini terus menerus dipelihara dan tidak dilawan, maka kita tidak akan bisa melangkah lebih jauh karena terkungkung oleh rasa takut sendiri.

Lawanlah rasa takut yang ada dalam dirimu, percayalah semua akan baik-baik saja dan kepercayaan diri akan terpancar dalam dirimu.

6. Self Talk

Cara berikutnya mengatasi insecure, yaitu ajaklah dirimu sendiri untuk berkomunikasi, jujurlah terhadap dirimu apa yang membuat dirimu tidak percaya diri. Pertanyakan dulu pada dirimu, dengan jujur pada diri sendiri, kamu akan merasa lega.

Self talk juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui tulisan, maupun berbicara depan cermin. Tidak ada yang salah dengan ini, kamu harus menjadi orang pertama yang mengerti dan memahami diri sendiri.

7. Tegas

Setelah mengenal dan berkomunikasi dengan diri sendiri, seharusnya kamu bisa menjadi pribadi yang lebih tegas ketika berhadapan dengan orang lain.

Contoh, kamu harus berani mengatakan tidak terhadap suatu hal yang tidak kamu inginkan atau bahkan merugikan. Dengan bersikap tegas, kepercayaan diri akan memancar. Orang akan melihatmu sebagai orang yang memiliki value dan prinsip yang kuat. (*)