Beranda Headline Kunjungi Karawang, Kemenkes Singgung Pentingnya Perusahaan Hadirkan Fasilitas Bagi Pekerja Perempuan

Kunjungi Karawang, Kemenkes Singgung Pentingnya Perusahaan Hadirkan Fasilitas Bagi Pekerja Perempuan

Kemenkes fasilitas pekerja perempuan
Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Maria Endang Sumiwi menyinggung soal pentingnya perusahaan menghadirkan fasilitas bagi pekerja perempuan.

KARAWANG – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menggelar puncak pekan asi sedunia di Kabupaten Karawang pada Senin, 4 September 2023.

Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Maria Endang Sumiwi menyampaikan, puncak pekan asi sedunia menjadi momentum bagi setiap perusahaan untuk menghadirkan fasilitas bagi pekerja perempuan.

Sebagai contoh, PT Chang Shin Karawang adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang menerapkan komitmen penyediaan fasilitas terhadap pekerja perempuan.

Khususnya bagi pekerja perempuan yang sedang hamil dan pekerja perempuan yang menyusui.

“Di sini ada 15.000 karyawan, 90 persennya adalah perempuan, 625 hamil dan 540 ibu menyusui. Acaranya digelar di PT Chang Shin karena memberikan contoh baik,” ujarnya saat diwawancarai.

Baca juga: Berdiri Sejak 2019, Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan di KIIC Karawang Nihil Aduan

Maria menjelaskan, fasilitas yang patut dicontoh dari PT Chang Shin adalah penyediaan ruang laktasi, pemeriksaan kehamilan dan pemberian izin 3 kali kepada pekerja yang menyusui.

“Ini adalah kebijakan perusahaan yang sangat baik, ada kebijakan yang mengizinkan ibu memompa asi, fasilitas ruang laktasi dan pemberian waktu izin 3 kali dalam waktu 8 jam bekerja,” jelasnya.