Beranda Health Ternyata Serabut Jeruk Banyak Khasiat Untuk Tubuh, Yuk Simak Penjelasannya

Ternyata Serabut Jeruk Banyak Khasiat Untuk Tubuh, Yuk Simak Penjelasannya

Albedo jeruk
Albedo Jeruk (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Yang mana, kandungan tersebut baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Kandungan phytochemicals di dalam jeruk juga dapat mencegah beberapa penyakit kanker.

Bicara soal jeruk, mungkin banyak di antara yang membuang serabut putih pada jeruk sebelum di makan, bukan? Tahu nggak sih, ternyata rugi, lho, membuang serabut putih buah jeruk. Karena ternyata banyak khasiat yang terkandung di dalamnya.

Apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: 8 Manfaat Konsumsi Telur Puyuh, Si Kecil yang Kaya Nutrisi

Albedo pada Buah Jeruk
Serabut Jeruk
Albedo Jeruk (Foto: Istimewa/net.)

Serabut putih jeruk yang memiliki tekstur agak kenyal biasanya dibuang karena rasanya yang sedikit pahit. Serabut atau lapisan putih tersebut itu disebut sebagai albedo.

Mengutip dari e-journal yang dipublikasikan oleh Repository Universitas Jember, albedo merupakan lapisan putih di dalam kulit jeruk yang mengandung serat lebih banyak dari daging buah jeruk sendiri. Albedo yang beratnya mencapai 54 persen berat buahnya dan hampir 50 persen belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Mempercantik Kulit

Kandungan pektin pada albedo jeruk juga relatif tinggi, yaitu 7,83-26,70 persen. Pektin sendiri sangat baik sebagai sumber serat makanan dalam makanan. Kemampuan pektin membentuk gel dengan gula, asam, dan udara sangat diperlukan dalam pembuatan selai.

Pektin juga membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga bisa menjadi obat alami saat melakukan diet. Kandungan pektin juga membantu mengontrol gula darah dan kolesterol di dalam tubuh.

Menyadur dari laman Mamarancia, ada banyak khasiat menakjubkan dari albedo jeruk yang sayang jika dibuang begitu saja. Di antaranya adalah:

  • Membantu tubuh menyerap vitamin C lebih mudah.
  • Kaya akan serat dan molekul antioksidan yang membantu melawan penuaan sel.
  • Kaya akan bioflavonoid, yang mana bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan kesehatan kapiler.

Apakah kamu sering menderita flu dan bronkitis? Manfaatkan efek antiseptik dan balsamiknya untuk melawan infeksi saluran pernafasan.

Albedo juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan buah jeruk itu sendiri dan melindunginya dari pembusukan dini. Faktanya, para petani seringkali menghadapi fenomena disintegrasi albedo yang disebabkan oleh stres akibat perluasan pulp.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Konsumsi Kopi Hijau Bagi Kesehatan

Meskipun rasa albedo terasa pahit dan kurang enak, bagian jeruk yang sering dibuang ini justru memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Nah, mulai sekarang jangan ragu-ragu lagi untuk makan juga serabut putih alias albedo pada jeruk, ya! (*)