Beranda Headline Meski Enak, Ini 6 Bahaya Sering Konsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan

Meski Enak, Ini 6 Bahaya Sering Konsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan

Bahaya konsumsi pedas bagi kesehatan
Foto ilustrasi/istimewa.

TVBERITA.CO.ID – Makanan pedas dengan segala citarasanya menjadi favorit bagi sebagian orang di seluruh dunia. Meskipun panas dan pedas dimulut, makanan pedas tak henti-hentinya diburu banyak orang.

Bahkan sebagian dari kita ada yang hari-harinya tidak bisa lepas dari makanan pedas.

Tahukah kalian, terlalu sering konsumsi makanan pedas, berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan siapapun. Simak penjelasan berikut:

1. Gangguan Lambung dan GERD

Salah satu bahaya utama konsumsi makanan pedas adalah memicu gangguan lambung seperti refluks asam gastroesofageal atau GERD. Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan, nantinya bisa menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar pada dada, mulut pahit dan gangguan pencernaan lainnya.

Bagi individu yang sudah menderita GERD, konsumsi makanan pedas hanya akan memperparah kondisi tubuh.

2. Gangguan Lambung dan Ulser

Makanan pedas dapat memperburuk kondisi lambung seperti tukak lambung atau ulser. Sensasi pedas dapat menyebabkan iritasi pada dingin lambung dan memperpanjang waktu penyembuhan ulser yang ada. Oleh karena itu, pemilik riwayat ulser sebaiknya membatasi diri dalam mengkonsumsi makanan pedas.

3. Iritasi Lambung dan Perut

Iritasi lambung dan perut bisa terjadi ketika mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering. Akibatnya bisa memunculkan rasa nyeri, kram dan perasaan tidak nyaman. Jika lambung anda sensitif, makanan pedas dapat menjadi pemicu gangguan pencernaan yang tidak diinginkan.

4. Pencernaan yang Lambat

Makanan pedas cenderung memperlambat laju pencernaan. Ini bisa membuat perasaan kenyang lebih lama, tetap juga dapat menyebabkan masalah seperti sembelit. Lambatnya pencernaan juga bisa mengganggu penyerapan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.