Beranda Headline Makin Canggih! Apple Kembangkan Teknologi Kamera Bawah Layar dan Layar Penuh

Makin Canggih! Apple Kembangkan Teknologi Kamera Bawah Layar dan Layar Penuh

Apple kamera bawah layar dan layar penuh
Ilustrasi.

TV BERITA – Apple saat ini mengandalkan Dynamic Island untuk menempatkan sensor kamera depan dan Face ID di iPhone. Namun ke depannya, Apple akan menggunakan teknologi kamera bawah layar yang saat ini sudah mulai digarap.

Menurut laporan The Elec, supplier Apple asal Korea Selatan sudah mulai mengembangkan teknologi kamera bawah layar (UDC) untuk iPhone. Teknologi ini memungkinkan iPhone memiliki layar penuh tanpa lubang apapun.

Supplier yang dimaksud adalah LG Innotek yang sebelumnya sudah bermitra dengan Apple mengembangkan kamera depan untuk iPhone. Saat ini pengembangan teknologi kamera bawah layar untuk iPhone masih dalam tahap awal.

Baca juga: Google Chrome 120 Tak Lagi Dukung Android Nougat

Teknologi kamera bawah layar sebenarnya bukan hal baru. Saat ini teknologi UDC sudah digunakan di beberapa ponsel seperti Samsung Galaxy Z Fold series, ponsel flagship ZTE Axon, dan Xiaomi Mix 4.

Sesuai namanya, kamera bawah layar ditempatkan di bawah panel display dan lubangnya tidak terlihat saat kamera tidak digunakan. Karena terhalang panel display, cahaya tidak bisa masuk sepenuhnya ke sensor kamera sehingga kualitas dan tingkat kecerahan foto kurang optimal.

Untuk mengatasi hal ini, LG Innotek mengembangkan sistem lensa khusus bernama ‘freeform optic’ yang bisa mengurangi aberasi optik dan meningkatkan kualitas gambar.

Baca juga: Disparbud Karawang Andalkan Teknologi AI untuk Jaring Wisatawan Luar Daerah

LG Display, salah satu anak perusahaan LG Group juga kabarnya mulai mengembangkan teknologi UDC. LG Display berupaya meningkatkan transmisi cahaya kamera bawah layar menjadi 20% pada tahun 2023 dan 40% setelah tahun 2024, agar sesuai dengan standar yang diinginkan Apple.

Laporan The Elec mengklaim Apple sudah menerima sampel kamera bawah layar dari mitra yang tidak disebut namanya, namun performanya masih belum memuaskan. Dilansir dari detikinet

Meski pengembangannya sudah dimulai, jangan berharap akan melihat iPhone dengan layar penuh dan kamera bawah layar dalam waktu dekat. Menurut analis Ross Young dari DSCC, Apple diprediksi menggunakan kamera bawah layar untuk iPhone Pro keluaran tahun 2027.

Sembari menyempurnakan teknologi kamera bawah layar, Apple akan menggunakan sensor Face ID bawah layar untuk iPhone 17 Pro keluaran tahun 2025. Model ini diprediksi akan menjadi iPhone premium terakhir yang memiliki lubang di layar untuk mengakomodasi kamera depan. (*)