Beranda Nasional Hati-Hati, Alamat Gmail Bisa Hilang Jika Tak Aktif dalam 3 Hari ke...

Hati-Hati, Alamat Gmail Bisa Hilang Jika Tak Aktif dalam 3 Hari ke Depan

Gmail hilang
Foto: ilustrasi.

TVBERITA.CO.ID – Layanan Google seperti Gmail, YouTube, hingga Google Drive, mulai 1 Desember 2023 akan hilang jika pengunjung tidak login dalan kurun 2 tahun terakhir.

Kebijakan ini berlaku di segala platform Google dalam waktu 2 tahun terakhir. Login itu bisa berupa akses ke Gmail, akun YouTube, dan layanan-layanan lain dari raksasa teknologi AS itu.

“Produk-produk Google berhak menghapus data Anda bila akun Anda tidak dipakai pada produk-produk tersebut dalam jangka waktu 2 tahun,” menurut pernyataan Google di blognya.

“1 Desember 2023 adalah waktu paling awal penghapusan Akun Google karena kebijakan ini,” lanjut perusahaan.

Baca juga: Cara Mudah Turun Kelas BPJS Kesehatan Melalui HP

Menurut Google, akun yang tidak aktif adalah “akun yang tidak digunakan dalam jangka waktu 2 tahun.”

“Google berhak menghapus Akun Google yang tidak aktif beserta aktivitas dan datanya jika Anda tidak aktif di Google selama minimal dua tahun,” lanjut perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, Google mengungkap deret definisi keaktifan dalam penggunaan akun, yakni:

– Membaca atau mengirim email.

– Menggunakan Google Drive.

– Menonton video YouTube.

– Berbagi foto.

– Mengunduh (download) aplikasi.

– Menggunakan Google Search.

– Menggunakan Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Aktivitas Google sendiri terkait dengan akun, bukan dengan perangkat. Sehingga pengguna dapat melakukan sederet aktivitas tersebut dengan perangkat apapun, baik ponsel maupun PC.

Jika pengguna memiliki lebih dari satu akun Google, sangat disarankan untuk melakukan aktivitas dengan tiap akun agar akun tersebut tidak dihapus oleh Google.

Meski demikian, sebelum menghapus akun, Google akan memberi peringatan kepada pengguna Anda. Bentuknya, “mengirim pemberitahuan email ke Akun Google Anda, mengirim pemberitahuan ke email pemulihan Anda, jika ada.”

Baca juga: Daftar 15 HP Android dengan Radiasi Paling Tinggi, Ada Punyamu?

Pengecualian

Melansir dari CNNIndonesia, Google juga memberi pengecualian soal penghapusan Gmail hilang atau buat akun Google tertentu.

“Kebijakan ini berlaku untuk Akun Google pribadi Anda. Kebijakan ini tidak berlaku untuk Akun Google apa pun yang disiapkan untuk Anda melalui kantor, sekolah, atau organisasi lainnya,” kata perusahaan yang punya induk Alphabet ini.

Selain itu, Google juga menyebut beberapa jenis akun dianggap aktif meskipun tidak digunakan dalam jangka waktu 2 tahun. Berikut syaratnya:

– Digunakan untuk melakukan pembelian produk, aplikasi, layanan, atau langganan Google yang terkini atau yang sedang berlangsung.

– Berisi kartu hadiah dengan saldo uang.

– Memiliki aplikasi atau game yang dipublikasikan dengan langganan aktif berkelanjutan atau transaksi keuangan aktif yang terkait dengannya. Ini mungkin Akun Google yang memiliki Aplikasi di Google Play Store.

– Mengelola akun anak di bawah umur yang aktif dengan Family Link.

– Digunakan untuk membeli item digital, misalnya buku atau film.

(*)