Beranda Technology Mandaya Hospital Gelar Seminar Penyakit Kardiovaskular

Mandaya Hospital Gelar Seminar Penyakit Kardiovaskular

KARAWANG, KORAN BERITA- Rumah Sakit Mandaya Karawang mengadakan seminar Penyakit Kardiovaskular (PKV) atau penyakit jantung yang sudah rutin diadakan, kali ini diadakan kepada para dokter umum sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat sekaligus menambah pengetahuan.

 

Bertajuk New Trend On Cardiovascular Disease oleh dr Robert E Saragih, SP.JP, FIHA dan dr Supri, MSc, Sp.PD. Oleh karena itu, upaya pengendalian PKV menjadi sangat penting baik dari sisi pengobatan ataupun pencegahan.

Direktur Mandaya Hospital Karawang, dr Trifena Jayanti mengatakan, salah satu keinginan pihak rumah sakit adalah bisa berbagi ilmu kepada para dokter di lingkungan rumah sakit, khususnya terkait tata laksana penyakit jantung.

Pengetahuan tentang tata laksana penyakit jantung bagi para dokter umum akan membantu identifikasi lebih dini penyakit jantung. Dia menuturkan bahwa penyebab kematian terbesar di dunia saat ini adalah serangan jantung.

“Seminar ini untuk mempererat seluruh dokter di sekitar Mandaya Hospital Karawang, agar mereka tahu dan menambah pengetahuan soal penyakit jantung dan dermatology terupdate ilmunya di rumah sakit kita,” ujarnya kepada KORAN BERITA, Kamis(26/7).

Karena itu, kata Trifena, sangat penting untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit sebelum semuanya terlambat dan memastikan para dokter umum sebagai lini pertama yang berhadapan langsung dengan pasien memahami tata laksana penyakit jantung untuk mencegah komplikasi lebih lanjut akibat keterlambatan penanganan.

“Kita akan ikut Dinkes Karawang dan IDI mengupdate kompetensi teman sejawat kita seluruh dokter, tidak hanya itu kita akan rutinitas setiap sebulan sekali mengadakan seminar sebagai wujudu kepedulian kepada masyarakat tentang kesehatan,” paparnya.

Dirinya menjelaskan, masyarakat Karawang dan sekitarnya tidak perlu lagi berobat ke Jakarta bahkan sampai ke luar negeri untuk penyakit jantung. Ketersediaan dengan layanan Cath Lab di Mandaya Hospital, sebagai wujud meningkatkan pelayanan kesehatan di Karawang dan sekitarnya.

“Cath lab diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan pasien Penyakit Jantung Koroner. Jadi, semua penanganan dapat dilakukan di Mandaya Hospital Karawang. Sejatinya dengan didukung tenaga medis profesional serta kehadiran cath lab ini diharapkan dapat mengurangi risiko pasien kembali dengan keluhan yang sama sekaligus risiko kematian,” pungkasnya.(KB)