Beranda Headline Circle to Search: Fitur Baru Google, Pencarian Cepat Cukup Lingkari Gambar

Circle to Search: Fitur Baru Google, Pencarian Cepat Cukup Lingkari Gambar

Circle to search
Circle to Search (Foto: Internet)

TVBERITA.CO.ID – Google mengumumkan peluncuran fitur terbarunya, ‘Circle to Search’, yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian informasi dengan cara yang inovatif dan interaktif menggunakan gambar. Fitur ini memudahkan pengguna Android untuk mencari informasi tanpa perlu berpindah aplikasi.

“Kini, hanya dengan gerakan sederhana, Anda dapat mengeksplorasi apa pun yang menarik minat Anda dengan berbagai cara, seperti melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk, dan mendapatkan informasi lebih lanjut tanpa meninggalkan aplikasi Anda,” demikian pengumuman Google di blog resminya pada Rabu (17/1/2024).

Baca juga: Fitur Baru Google Memudahkan Warga Indonesia Belajar Bahasa Inggris

Sebagai contoh, jika Anda menonton video ‘Outfit of the Day’ dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang item fashion yang dikenakan oleh kreator tanpa merek yang ditandai, Anda hanya perlu menekan lama tombol beranda atau bilah navigasi di ponsel Android Anda untuk mengaktifkan ‘Circle to Search’.

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah melingkari atau mencoret-coret item di video untuk menemukan opsi serupa yang dijual secara online. Setelah pencarian selesai, Anda dapat kembali ke aplikasi video dengan menggeser laman pencarian.

Fitur ini juga berguna untuk pertanyaan yang lebih kompleks. Misalnya, saat menjelajahi media sosial dan menemukan gambar corn dog dengan topping unik, Anda bisa menggunakan ‘Circle to Search’ untuk mengetahui lebih banyak tentang makanan tersebut.

Baca juga: Tutorial Menghapus Screenshot yang Menumpuk di Google Photos

Dengan multisearch, yang memungkinkan pencarian menggunakan teks dan gambar secara bersamaan, serta peningkatan AI terbaru dari Google, pengguna dapat dengan mudah memahami konsep, ide, atau topik dari berbagai informasi yang tersedia di web.

Anda hanya perlu melingkari corn dog dan bertanya, misalnya, “Mengapa ini sangat populer?” dan informasi terkait akan segera ditampilkan.

Baca juga: Update Terbaru, WhatsApp Channel Kedatangan Empat Fitur Baru

‘Circle to Search’ dijadwalkan akan diluncurkan pada 31 Januari di beberapa smartphone Android premium, termasuk Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan seri Samsung Galaxy S24 yang baru. (*)