Beranda Regional Bantu Calon Kades, Gintungkerta Berikan Uang Kadeudeuh

Bantu Calon Kades, Gintungkerta Berikan Uang Kadeudeuh

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Seleksi ujian tertulis dan lisan yang digelar Bagian Pemerintahan Setkab Karawang mengumumkan hasil tes seleksi calon kades Desa Gintungkerta, Kecamatan Klari.

Hasilnya, dari dua belas bakal calon, lima orang dinyatakan lolos untuk bersaing memperebutkan kursi Kades Kalangsari tahun 2018-2023.

Kepala desa Gintungkerta, Lili Ahmad Sofyan mengatakan, pengumuman kelolosan diumumkan langsung. Panitia langsung membuatkan berita cara yang ditandatangai oleh masing-masing peserta calon untuk serahkan ke panitia pelaksanaan pemilihan.

“Ada lima calon kades yang lolos sesuai hasil seleksi dari Bagian Pemerintahan Setkab Karawang, dan sisanya tujuh tidak lolos,” katanya.

Lili menambahkan, pihak desa akan memberikan uang kedeudeh kepada calon kades untuk biaya tambahan untuk mengikuti pemilihan kepala desa serta membantu dan meringankan.

“Uang itu berjumlah 5 juta yang berasal dari PAD Desa Gintungkerta, tujuannya untuk membantu para calon kades agar mereka tidak selalu berpikir dengan memakai uang untuk menjadi pemimpin maka hasilnya akan jadi tidak baik nantinya,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Teddy Rusfendy Sutisna menyebutkan, pelaksanaan pilkades serentak tersebut sudah menjadi keputusan bupati dan direstui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI. Oleh karena itu, Teddy mengatakan perhelatan itu tidak mungkin dibatalkan.

“Kami telah mengkonsultasikan hal ini ke Mendagri. Dan, yang bersangkutan menyetujuinya. Bahkan, hal serupa dilakukan juga oleh sejumlah daerah lainnya di Indonesia,” kata Teddy.

Teddy menegaskan, Pemkab Karawang harus menyiapkan anggarannya dalam APBD Perubahan 2018.(KB)