Beranda Headline Didampingi Rieke, Ini Ungkapan Haru Valencya saat Dituntut Bebas

Didampingi Rieke, Ini Ungkapan Haru Valencya saat Dituntut Bebas

KARAWANG – Persidangan replik terdakwa Valencya yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Karawang pada Selasa (23/11) menyita perhatian banyak pihak.

Tak terkecuali politisi PDIP, Rieke Dyah Pitaloka (RDP) juga turut hadir dalam persidangan.

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung (Kejagung) membacakan tuntutan dibebaskannya Valencya.

Seketika, Valencya tak kuasa menahan air mata. Wajahnya berbinar bahagia karena harapannya untuk bebas selangkah lagi menjadi kenyataan.

Usai persidangan, Rieke atau yang akrab disapa Oneng menyampaikan terimakasih terhadap Kejaksaan Agung karena melihat kasus Valencya dengan mengedepankan nurani.

“Terima kasih untuk kejaksaan Agung yang secara khusus meladeni perkara ini dan melihat dari sisi lain bagaimana perspektif penegak hukum dari sisi kemanusiaan dan segala dari yang telah disampaikan,” tutur Rieke.

Meski menurutnya, keputusan bebas itu belum diraih sepenuhnya karena sidang harus ditunda dengan mendiskusikan hasil tanggapan pledoi yang disampaikan JPU pada Kamis (2/12/2021) pekan depan.

Secara khusus dirinya meminta Valencya untuk bersabar menunggu keputusan hakim. “Kita harus tetap menunggu keputusan hukum yang resmi yang diputuskan oleh hakim,” ujarnya.

Rieke mengatakan, dukungan terhadap Valencya tidak serta merta hanya dukungan kepada Valencya saja, akan tetapi merupakan dukungan kepada seluruh perempuan yang ada di mana saja dalam memperjuangkan keadilan.

“Jadi mohon dukungannya, dan kita akan terus mengkampanyekan akhir kekerasan perempuan mulai dari sekarang sesuai dengan tema hari kekerasan terhadap perempuan nasional yang jatuh pada tanggal 25,” ujar dia.

“Dan kita berjuang menghadapi segala ketidakadilan terhadap seluruh perempuan yang menjadi kampanye luar biasa, bukan hanya untuk Valencya tetapi untuk saya juga dan perempuan di mana pun akan melakukan kampanye selama 16 hari ke depan kita akan melakukan kampanye,” imbuhnya.

Baca Juga :   DPRD Karawang Melaksanakan Kunker ke RSKP Jatisari

Sementara itu, Valencya yang baru saja menerima keputusan bebas dari JPU mengaku tenang karena keadilan bisa diraih olehnya meskipun dia harus menunggu keputusan hakim pada pekan depan.

“Sedikit senang dan sudah mulai tenang untuk keputusan tadi. Tapi tetap Mudah-mudahan nanti hakim bantulah, beri kebebasan, itu harapan saya. Mohon doa dan dukungannya untuk nanti hari Kamis,” ungkap dia. (kii)

Artikel sebelumnyaKinerja Organda Karawang Dinilai Mandul, PPAK Layangkan Mosi Tidak Percaya
Artikel selanjutnyaMencekam! Bentrokan Ormas di Karawang Pecah, Dua Orang Terluka Parah