Beranda Headline Fokus Tingkatkan SDM, UBP Karawang Jalin Kerjasama dengan UPI Bandung

Fokus Tingkatkan SDM, UBP Karawang Jalin Kerjasama dengan UPI Bandung

KARAWANG – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang kembali menjalin kerjasama yang sebelumnya dengan Universitas Cendrawasih, kini di awal Tahun 2022, Universitas Swasta terbesar di Karawang ini menjalin kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Rektor Universitas Buana Perjuangan (UBP Karawang), Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM mengungkapkan pihaknya terbuka untuk melakukan kerjasama dengan semua perguruan tinggi.

“Jadi UBP itu selalu berkolaborasi dengan semua perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri, kerjasama strategis ini harus terus dibangun oleh kita dalam rangka meningkatkan kualitas sumber budaya manusia,” kata Prof Dedi selepas penandatanganan MoU dengan pihak UPI, Selasa (25/1/2022).

Prof Dedi juga menambahkan pembangunan Sumberdaya manusia menjadi hal yang penting untuk menopang pembangunan bangsa dan negara khususnya Karawang.

“Karena SDM ini merupakan yang paling utama dalam pembangunan. Oleh karena itu kami merasa perlu banyak masukan dari berbagai perguruan tinggi apalagi UPI yang sudah eksis sejak lama,” ujarnya.

Ia juga membeberkan MoU yang disepakati dengan Universitas Pendidikan Indonesia terkait Pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“MoU-nya sendiri tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Profesor Bidang Ilmu Manajemen ini mengatakan sebelum MoU dengan Universitas Pendidikan Indonesia, pihaknya juga yang beberapa bulan lalu telah melakukan kerasama dengan Universitas Cendrawasih.

“Beberapa bulan yang lalu juga kita melakukan MoU dengan Universitas Cendrawasih, Universitas Negeri ya. Mereka datang kesini untuk sama-sama ingin belajar,” ujarnya lagi.

Prof Dedi berharap di tahun 2022 ini, UBP bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan- perusahaan yang ada di Karawang dan juga pemerintah.

“Di 2022 ini kita tentu tidak hanya melakukan kerja sama dengan Perguruan tinggi saja, kita akan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan, pemerintah, karena membangun intelektualitas itu harus dari semua sisi,” pungkasnya.

Baca Juga :   Angkut 6 Koper Uang untuk Mesin ATM, Mobil Malah Nyemplung ke Sungai

Sementara itu Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. Dr. Muhammad Solehuddin, M.Pd menyambut baik kerjasama UBP dengan UPI.

“Kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh Tim dari UPI dan tim dari sini untuk merumuskan, kira- kira bidang-bidang kerjasama apa yang akan kita lakukan ke depan,” kata Prof. Solehuddin.

Ia juga menjelaskan kerjasama antar perguruan tinggi biasanya berkenaan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Biasanya kerjasama yang dibangun seperti program pertukaran mahasiswa, mungkin nanti ada pertukaran dosen antara dosen sana dan dosen sini, mungkin nanti ada join penulisan artikel dan masih banyak lagi tentunya,” tutupnya. (ddi/kii)

Artikel sebelumnyaRibut-ribut soal Fasos Fasum, Ini Penjelasan Pengembang Citra Swarna Grande
Artikel selanjutnyaDPRD Karawang Lakukan RDP dengan APDESI Karawang