Beranda Ekonomi Hadapi Perubahan Zaman, Bupati Aep Tegaskan Koperasi di Karawang Harus Melek Digital

Hadapi Perubahan Zaman, Bupati Aep Tegaskan Koperasi di Karawang Harus Melek Digital

Bupati aep koperasi karawang
Bupati Karawang, Aep Syaepuloh membuka kegiatan bimtek pengembangan usaha koperasi di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Kamis (6/6).

KARAWANG – Pengembangan koperasi dewasa ini menjadi sebuah kebutuhan dengan semakin majunya teknologi dan digitalisasi. Pasalnya, koperasi yang melek digital akan lebih berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Hal itu diungkapkan Bupati Karawang, Aep Syaepuloh saat membuka acara bimbingan teknis (bimtek) pengembangan usaha koperasi Kabupaten Karawang tahun 2024 di Aula Husni Hamid Plaza Pemkab Karawang, pada Kamis (6/6).

Aep bilang, koperasi merupakan salah satu pilar ekonomi negara. Melalui koperasi, UMKM dapat memperoleh akses modal usaha serta berkesempatan mengikuti pelatihan pengembangan usaha.

Baca juga: Tindak Lanjut MoU, UBP Karawang dan Universitas Pakuan Gelar Kuliah Umum

“Maka itu, selain bisnis untuk kesejahteraan, juga ada semangat gotong royong dan rasa kebersamaan yang tinggi dalam pengelolaan koperasi,” ungkap Aep dalam keterangannya, Rabu (7/6).

Bupati aep koperasi karawang
Para peserta bimtek pengembangan koperasi yang berlangsung di Aula Husni Hamid Pemda Karawang turut dihadiri Bupati Karawang, Aep Syaepuloh. Foto: istimewa

Dia menyadari, tidak mudah menjadikan koperasi sebagai lembaga ekonomi yang handal bagi masyarakat.

Namun melalui bimtek dan pelatihan, dia harapkan koperasi di Karawang dapat tumbuh dan berkembang baik secara keanggotaan maupun keuntungan.

“Strategi dan pola bisnis pengelolaan koperasi harus berubah. Tanpa perubahan pola pengembangan usaha koperasi akan sulit untuk bersaing,” tutupnya.

Baca juga: Sempat Mandek 2 Tahun, Dugaan Pungli Pesangon Karyawan PT Chang Shin Karawang Mulai Diusut Lagi

Dia berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar mampu membawa koperasinya bersaing di era perkembangan zaman.

Sebagai informasi, kegiatan bimtek pengembangan usaha koperasi itu digagas oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang.

Kegiatan melibatkan 100 peserta selaku pengurus koperasi aktif di Kabupaten Karawang. (*)