Beranda Headline Kecurangan Karawang Cerdas, Sri Rahayu Sarankan HMI Ngadu ke DPRD

Kecurangan Karawang Cerdas, Sri Rahayu Sarankan HMI Ngadu ke DPRD

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, Sri Rahayu Agustina menghimbau kepada Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Karawang untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa kaitan permasalahan penyaluran dana bantuan sosial Karawang Cerdas yang mereka (HMI, Red) tuding curang.

Sri meminta agar HMI melayangkan surat ke DPRD Kabupaten Karawang untuk menggelar rapat dengar pendapat bersama dengan Komisi IV sebagai leading sektor pendidikan, dan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Karawang (Disdikpora). Dimana secara teknis program beasiswa Karawang Cerdas senilai Rp. 10 Miliar ini di kelola oleh mereka (Disdik,Red).

“Saya menyarankan kepada anak-anak HMI yang akan bergerak untuk demo kaitan kebijakan program beasiswa Karawang Cerdas ini lebih baik dilakukan hearing saja dengan DPRD Kabupaten Karawang, agar dapat dengan jelas diketahui ketidak transparannannya dimana,” ungkapnya Sri yang duduk di Komisi V DPRD Propinsi Jawa Barat ini menyarankan.

Sri yang ditemui Tvberita.co.id disela-sela kegiatan Reses nya di Aula Gedung KNPI Kabupaten Karawang, Selasa (10/12), pun sangat menyayangkan jika memang benar program beasiswa yang dibuka secara online oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dan merogoh kocek APBD hingga Rp. 10 Miliar ini justru malah diduga tidak transparan dalam pelaksanaannya.

“Ya, kalau misalnya tidak siap untuk transparan ya jangan dilakukan sistem online, sudah saja lakukan penjaringan secara manual. Dimana Disdik mengirimka surat kepada perguruan tinggi negeri atau swasta untuk menyaring siswa berprestasi yang tidak mampu untuk mendapatkan beasiswa kalau memang tidak mampu membuat sistem online,” kata Sri menyesalkan.

Politikus Partai Golkar ini menghimbau kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Karawang untuk membenahi dan mengevaluasi kembali pelaksanaan penyaluran beasiswa Karawang Cerdas ini.

Jika kemudian dialokasikan kembali ditahun 2020 pelaksanannya harus jauh lebih baik lagi dan transparan.

“Yang jelas Rp. 10 Miliar ini harus terserap, dan harus lebih baik lagi pelaksanannya dan tepat sasaran, itu yang tentu saja kita harapkan bersama,” tandas Sri yang juga turut ikut menggagas Program Beasiswa Karawang Cerdas tersebut pada saat ia duduk di kursi DPRD Kabupaten Karawang, periode lalu.(nna/dhi)