Selasa, 14 Agustus 2018

Penutupan MPLS di SMAN 1 Batujaya Dimeriahkan Penampilan Ekskul

BATUJAYA, TVBERITA.CO.ID- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sangat berperan penting bagi para siswa baru, sebagai ajang perkenalan lingkungan sekolah.

Seperti sekolah-sekolah lainnya, SMAN 1 Batujaya, melaksanakan kegiatan MPLS selama 3 hari mulai Senin (16/07) sampai Rabu (18/07). Antusiasme siswa baru sangat nampak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dipersiapkan pihak sekolah.

"Setiap harinya hampir 100 persen siswa baru mengikuti kegiatan mulai pukul 07.00 wib sampai pukul 16.00 wib karena memang sifatnya wajib, kecuali sakit tentunya," ungkap Pembina Kesiswaan SMAN 1 Batujaya, Yayan, Kamis (19/07).

Adapun materi MPLS yang dilaksanakan menurut Yayan, SMAN 1 Batujaya melaksanakannya sesuai Juknis yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi.

Yang didalamnya terdapat berbagai materi seperti kegiatan pengenalan pendidikan karakter, kurikulkulm 2013, materi sekolah lama anak, keluarga sadar hukum, dari kepolisian tata tertib lalu lintas, pengenalan lingkungan sekolah, ekskul, kebijakan dinas pendidikan tentang pendidikan berkarakter.

"Secara umum sama karena sudah ada juknis, tetapi khusus di SMAN 1 Batujaya lebih menekankan pada pengembangan kreatifitas anak baik melalui ekskul maupun penekanan pada minat dan bakat siswa,"imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan saat ini SMAN 1 Batujaya memiliki 13 ektra kurikuler yang bisa diikuti seluruh siswa, tetapi yang menonjol dan memberikan prestasi baru Ekskul Pramuka dan Paskibra. Terbukti dengan banyaknya raihan prestasi pada setiap even kejuaraan. Untuk menjaring minat siswa, dalam MPLS tersebut diperkenalkan seluruh kegiatan ekskul yang ada.

"Para siswa tinggal memilih ekskul mana yang menjadi minatnya, setelah melihat penampilan para seniornya," pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Batujaya, H Encep Burhan, mengatakan setelah melalui proses yang panjang, tahun ajaran saat ini sekolahnya menerima 360 siswa baru. Sesuai kuota yang telah ditetapkan sebelumnya dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Dan untuk selanjutnya, menurut dia akan dilaksanakan tes matrik dan psikotes untuk pemilihan dan bakat anak.

Menurutnya dengan mengikuti rangkaian kegiatan MPLS tersebut, diharapkan seluruh peserta didik baru bisa lebih jauh mengenal SMAN 1 Batujaya, baik sisi ekskul maupun tentang semua kegiatan yg ada di SMAN 1 Batujaya. Sehingga kedepannya mereka bisa lebih merasa memiliki dan menjadi bagian dari SMAN 1 Batujaya.

"Alhamdulillah selama kegiatan sampai penutupan tidak ada kendala dan sesuai harapan, karena para pengurus OSIS sdh mempersiapkannya dengan baik," pungkasnya.(yay/ris)

MORE

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dana kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2017...