Beranda Ekonomi Sasar Perhotelan, Ratusan Produk Kuliner UMKM Karawang Mulai Dikurasi

Sasar Perhotelan, Ratusan Produk Kuliner UMKM Karawang Mulai Dikurasi

Produk kuliner karawang dikurasi
Sebanyak 105 produk kuliner UMKM Karawang mulai dikurasi agar masuk industri perhotelan.

KARAWANG – Ratusan produk kuliner pelaku UMKM di Karawang, Jawa Barat mulai dikurasi Komite Ekonomi Kreatif Karawang. Kurasi tersebut ditujukan untuk ekspansi penjualan ke industri perhotelan.

Ketua Komite Ekraf Karawang, Rahmat Wiguna menyampaikan, kurasi ini perdana digelar. Ada 105 pelaku UMKM yang mengikuti dan hasilnya hanya 20 pelaku yang produknya lolos terkurasi.

“Hari ini kurasi pertama kali dari komite Ekraf dan tujuannya untuk mendorong UMKM kuliner bisa berjualan di hotel atau industri,” ujarnya kepada tvberita.co.id, Rabu, 15 November 2023.

Dia bilang, ada tiga hotel yang turut terlibat dan mau bekerjasama pada kegiatan kurasi ini. Tiga hotel tersebut adalah Resinda Hotel, Swiss-Belinn dan Puri KIIC.

“Ini ada 3 hotel yang terlibat, kita menilai produk UMKM kemudian pihak hotel langsung membeli produk tersebut,” paparnya.

Rahmat menjelaskan, dalam proses kurasi produk milik 105 pelaku UMKM ini tidak ada batasan jumlah produk. Namun setiap produk tentu akan diberikan penilaian berdasarkan rasa, bentuk dan juga harga.

Ia berharap, kedepannya para pelaku UMKM sektor kuliner di Karawang bisa lebih berkembang dan konsisten dalam menghasilkan produk-produk khas yang berkualitas.

“Harapannya UMKM Karawang bisa lebih konsisten rasa, dapat memproduksi sesuai permintaan, lebih leluasa memasarkan produk ke tempat yang mereka inginkan,” ucapnya.