Beranda Headline Beroperasi 24 Jam, Pabrik di Karawang Ini Produksi 30 Ribu Ban Setiap...

Beroperasi 24 Jam, Pabrik di Karawang Ini Produksi 30 Ribu Ban Setiap Harinya

Pabrik produksi ban di karawang
Pabrik Bridgestone di Karawang mampu produksi 30 ribu ban setiap harinya. (Foto: dok/bridgestone)

KARAWANG – PT Bridgestone Tire Indonesia dikenal sebagai salah satu pemain di industri komponen kendaraan bermotor jenis ban. Di Karawang, Jawa Barat, pabrik Bridgestone mampu produksi 30 ribu ban setiap harinya.

Pasalnya, perusahaan yang sudah beroperasi sejak 24 tahun silam ini merupakan salah satu pemain ternama di industri otomotif dunia.

Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno menegaskan, pabrik Bridgestone di Karawang punya kapasitas produksi 30 ribu ban sehari.

Itu pun baru memanfaatkan 85 persen dari total kapasitas produksinya. Karena produksi tersebut tergantung pesanan konsumen.

“Kapasitas produksi 30 ribu sehari… Saat ini kita sudah (memanfaatkan) 85 persen dari total kapasitas produksinya,” ujar Mukiat Sutikno saat ditemui di pabrik Bridgestone Karawang, Jawa Barat, melansir Detikoto, Rabu, 15 November 2023.

Menurut Mukiat, meski pabrik Bridgestone di Karawang banyak dioperasikan robot dan mesin, namun sebagian besar proses produksi tetap mengandalkan tangan-tangan karyawan.

“Mayoritas kita masih lebih ke karyawan atau human side, kalau bisa saya katakan robotik-nya 10-15 persen, masih banyakan human touch-nya. Bahkan untuk final touch mayoritanya karyawan,” ungkapnya.

Sementara melalui pemaparannya, salah satu penanggung jawab di pabrik Bridgestone Karawang, Kiki menjelaskan, ruang produksi tersebut beroperasi selama 24 jam penuh dengan pembagian tiga shift kerja.

Produk yang dikerjakan di sana lebih difokuskan pada kendaraan penumpang.

“Kalau ban-ban untuk kendaraan niaga itu diproduksinya di Bekasi, tepatnya di Pondok Ungu,” kata Kiki saat menjawab pertanyaan detikOto

Diketahui, pabrik Bridgestone Karawang berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta Kav. 8 – 13, Ciampel, Karawang, Jawa Barat. Ruang produksi dengan luas 326 ribu meter persegi itu juga punya proving ground untuk menguji kualitas ban.

Kini, ban-ban buatan mereka telah diekspor ke 70 negara berbeda, termasuk ke Jepang. (*)