Beranda Bekasi Kadis Ketapang Ingatkan Pentingnya Kebutuhan Pangan di Masa Pandemi

Kadis Ketapang Ingatkan Pentingnya Kebutuhan Pangan di Masa Pandemi

TVBERITA.CO.ID – Kepala Dinas Ketahanan dan Pangan Kota Bekasi, Alexander Zulkarnaen menyampaikan pentingnya beternak ikan sebagai bentuk ketahanan pangan menyangkut akses pangan masyarakat, ketersediaan pangan, dan pemanfaatan pangan di masa pandemi.

“Sekarang yang paling penting itu adalah, bagaimana kesediaan pangan di Kota Bekasi bisa tinggi untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari karbohidrat dan protein warga Kota Bekasi. Salah satunya ikan yang kita unggulkan untuk menjadi pemenuhan protein masyarakat Kota Bekasi,” ungkap Alexander Zulkarnen saat bincang dengan tim Tvberita usai giat penebaran 250 ribu benih ikan fatin bersama jajaran Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Jawa Barat, di Situ Rawa Gede, Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jumat (25/9/20).

Untuk program sayurannya hidroponik, kata Alex, apa yang disampaikan pak Wakil Walikota Bekasi, hingga saat ini sudah berjalan lancar dan sudah mulai jual ke Kota Bogor, meskipun masih kecil bentuk pengirimannya, tetapi ke depan pengiriman akan jadi lebih besar lagi.

“Informasi dari pengusaha pertanian hidroponik, sekarang ini kita kewalahan dalam menyediaan bahannya karena permintaannya sudah tinggi. Untuk sementara ini kita jual ke luar Kota Bekasi hanya ke Kota Bogor, karena permintaan sayuran dari warga Kota Bekasi saja tinggi, karena kapasitas kemampuan kita dilapangan memang masih terbatas,” jelasnya.

Seiringnya berjalan waktu, Dinas ketapang saat ini sudah memiliki satu aplikasi untuk memudahkan, sekarang petani hidroponik bisa menjual hasil panennya di aplikasi online @sayurmanjur.

“Untuk petani hidroponik di Kota Bekasi saat ini ada 60 kelompok yang ada di 12 Kecamatan melalui binaan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi. Secara rutin sudah ada pelatihan dibalai pelatihan pertanian, Kecamatan Bantar Gebang, tujuannya fungsi pelatihan kita ingin tingkatkan pertanian hidropinik, ternak ikan lele dan pemeliharaan ikan di rawa.”

“Kita akui saat ini Dinas Ketapang masih mengandalkan bantuan benih ikan dari Provinsi Jawa Barat, seperti saat ini mendapat bantuan 250 ribu benih ikan fatin. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih meningkat lagi bantuann benih ikan lelenya untuk disebar di rawa, danau, dan sungai yang ada di Kota Bekasi,” harapnya. (ais/fzy)