Beranda Headline Ketat, KPU Karawang Seleksi Calon Petugas PPK

Ketat, KPU Karawang Seleksi Calon Petugas PPK

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang menyebut rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah berjalan dari kemarin, dilaksanakan secara ketat dan selektif.

“Tesnya menggunakan aplikasi Computer Assisted Test (CAT). Ada standar skor kelulusan. Jadi akan lebih ketat,” kata Sekretaris KPU Karawang, Geri S. Samrodi di kantornya.

Sejak dibuka tanggal 15 Januari 2020, beberapa pelamar sudah mengirim berkas pesyaratan. Pelamar pertama datang dari Kecamatan Pangkalan atas nama Deddy Juhardy.

Para pelamar, sesuai dengan aturan, mula-mula harus melakukan pendaftaran online. Kemudian menyerahkan berkas fisik ke KPU Karawang. Proses seleksi meliputi pemeriksaan kelengkapan berkas, tes CAT, dan wawancara. “Ada ambang batas nilai kelulusan dan skor dari tiap tahapan seleksi,” sambung Geri.

KPU, kata Geri, berkomitmen menyaring calon anggota PPK terbaik. Sehingga tes dan seleksi dilakukan secara ketat.

Geri berharap akan banyak pelamar untuk mengisi posisi PPK di masing-masing kecamatan, sehingga pelamar terbaik yang akan terpilih. Namun, meski banyak pelamar dari masing-masing kecamatan, tetap saja dengan sistem rekrutmen yang ketat ini tidak menjamin posisi lima PPK di tiap kecamatan akan terisi. Lantaran, jika tidak ada yang mencapai standar skor kelulusan tetap saja tidak akan diluluskan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, KPU sudah bekerjasama dengan lembaha pendidikan pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Karawang. Sehingga, jika ada kekurangan PPK di tiap kecamatan, maka Disdikpora akan menerjunkan personelnya.

“Kami juga sudah menjalin kerja sama dengan Disdikpora untuk mengantisipasi kekurangan PPK. Nantinya, yang diperbantukan dari Disdikpora akan mendapatkan hak sama seperti PPK lainnya,” terang Geri. (fzy)