Beranda Nasional Presiden Jokowi Siap Lantik Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Presiden Jokowi Siap Lantik Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

presiden
Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak

JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang akan menggantikan Jenderal Agus Subiyanto pada Rabu (29/11/2023). Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan, pelantikan akan digelar di Istana Negara pukul 14.00 WIB.

“Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB, dijadwalkan pelantikan KSAD oleh Presiden di Istana Negara,” ujar Ari Dwipayana. “Mengenai siapa KSAD yang baru, kita tunggu saja ya (saat pelantikan),” lanjutnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari sumber di lingkungan kementerian, calon KSAD yang akan dilantik Presiden yakni Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak.

Baca Juga: Harga Beras di Karawang Meroket, Presiden Jokowi Mau Cek Langsung ke Pasar Johar

“Iya besok siang (Presiden melantik KSAD). Iya (Maruli yang akan dilantik),” demikian kata sumber tersebut dalam keterangan kepada wartawan pada Selasa (28/11/2023) malam. Adapun jadwal pelantikan KSAD sebelumnya sudah dipastikan sendiri oleh Presiden Jokowi pada akhir pekan lalu. Saat itu Kepala Negara menyebutkan akan melantik KSAD pada pekan ini.

Sebagaimana diketahui, saat ini posisi KSAD masih kosong karena pejabat sebelumnya, yakni Jenderal Agus Subiyanto telah dilantik sebagai Panglima TNI. Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelumnya pernah menyampaikan tiga nama bakal calon KSAD yang digadang-gadang menggantikan Jenderal Agus Subiyanto.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, tiga nama yang berpeluang mengisi posisi KSAD adalah Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Letjen TNI Suharyanto, dan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. Maruli adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad), Suharyanto adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Nyoman adalah Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD.

(*)