Beranda Karawang Hindari Kecurangan Pemilu, Bawaslu Karawang Ajak Masyarakat Jadi Pengawas Partisipatif

Hindari Kecurangan Pemilu, Bawaslu Karawang Ajak Masyarakat Jadi Pengawas Partisipatif

Pengawas partisipatif Bawaslu karawang masa tenang
Ilustrasi teatrikal politik uang. Bawaslu Karawang mengajak masyarakat menjadi pengawas partisipatif saat masa tenang Pemilu 2024. Dok: istimewa

KARAWANG – Menjelang masa tenang pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadi pengawas partisipatif.

Ketua Bawaslu Karawang, Engkus Kusnadi menyampaikan, sebelumnya Bawaslu telah melakukan pengawasan sortir lipat kertas surat suara. Pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan tidak adanya surat suara yang salah sortir maupun salah lipat.

Baca juga: Belasan Ribu APK Langgar Aturan di Karawang Bakal Ditertibkan saat Masa Tenang

Ada beberapa saran dan imbauan yang disampaikan pihak Bawaslu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang. Dari mulai imbauan memastikan CCTV, sterilisasi area logistik hingga saran untuk selalu berkoordinasi dengan Bawaslu dalam pergerakan logistik pemilu.

“Kemarin juga saya sampaikan dalam Kunjungan Kerja Komisi II di forum tersebut bahwa masih adanya gudang logistik yang belum steril,” ujarnya pada Jum’at, 9 Februari 2024.

Baca juga: Berita Bohong soal Politik Mencapai Ribuan, Bawaslu RI Bagikan 7 Kiat Berantas Hoaks

Sampai hari ini, kata Engkus, sudah terdistribusi 14.332 kotak suara ke Kecamatan. Sisa yang belum terdistribusi, jumlahnya sebanyak 20.270 kotak suara.