Beranda Headline KPU Akan Undi Nomor Urut Capres Malam Ini, Dijaga Ketat 1.318 Personel...

KPU Akan Undi Nomor Urut Capres Malam Ini, Dijaga Ketat 1.318 Personel Gabungan

Undian nomor urut capres
KPU dijadwalkan melakukan undian nomor urut capres-cawapres pada Selasa malam (14/11).

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pilpres 2024.

Ketiga pasangan yang ditetapkan adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Kepala Divisi Bidang Teknis KPU RI Idham Khalik dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (13/11), menyatakan ketiga paslon memenuhi syarat.

Mereka sebelumnya juga telah tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto dan dinyatakan lulus.

Usai menetapkan tiga pasangan capres-cawapres, KPU dijadwalkan menggelar penetapan nomor urut capres-cawapres dengan mekanisme pengundian di kantor KPU RI pada Selasa malam ini.

Menurut agenda, acara akan dibuka dengan makan malam (gala dinner) KPU dengan elite partai politik serta paslon.

“Rencananya mulai 18.30 WIB, jadi mulai dengan gala dinner, makan malam dengan capres-cawapres, dan pimpinan partai politik yang mengusulkan mendaftarkan masing-masing pasangan calon,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di KPU RI, Senin.

KPU mengundang 150 orang dari tiap kubu capres-cawapres untuk menghadiri acara makan malam dan pengundian nomor urut tersebut. Mereka akan dijamu di tribun yang telah disiapkan KPU di halaman parkir kantor KPU.

Tiga paslon dikawal 74 polisi 24 jam

Masing-masing pasangan capres-cawapres yang telah ditetapkan KPU mulai dikawal secara melekat oleh 74 personel Polri. KPU sebelumnya telah meneken serah terima Satuan Tugas Pengamanan Capres-Cawapres dari Polri kepada KPU.