Beranda Bekasi Hidupkan Kembali Semangat Gotong Royong Lewat Pencanangan BBGRM ke-16

Hidupkan Kembali Semangat Gotong Royong Lewat Pencanangan BBGRM ke-16

Ada sebanyak 20 Desa dari 23 Kecamatan yang mengikuti BBGRM tahun ini. Kegiatan ini pun sudah dinilai sejak bulan September lalu. Kriteria penilaian BBGRM kali ini adalah kegiatan gotongroyong melalui siskamling, kegiatan kebersihan melalui kerjabakti, kegiatan pemerintahan melalui kebersamaan unsur pemerintah Desa.

Diakhir sambutannya, Juhandi juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Desa terbaik dalam BBGRM ke-16 tingkat Kabupaten Bekasi 2019, yang berhasil diraih oleh :
1. Desa Pantaibakti, Kecamatan Muara Gembong
2. Desa Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan
3. Desa Mekarjaya, Kecamatan Kedungwaringin
4. Desa Sumber Reja, Kecamatan Pebayuran

Selain itu, Camat Tambun Selatan Junaefi mengataka, salah satu upaya yang dilakukan Kecamatan Tambun Selatan untuk mengajak warganya bergotong royong adalah dengan berkoordinasi dengan Muspika serta Perangkat Desa guna mewajibkan masing-masing lingkungan di Kecamatan Tambun Selatan untuk membentuk bank sampah dan menyadarkan masyarakat untuk belajar mengelola sampah.

“Ya salah satu upaya kita untuk melestarikan budaya gotong royong adalah dengan mengajarkan masyarakat bagaimana membentuk bank sampah dan mengelola sampah dengan benar” jelas Junaefi.

Selain itu, Junaefi juga ingin bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk mensosialisasikan “Gerakan 0 Sampah” yang akan mewajibkan sekolah-sekolah untuk membawa tempat minum dan tempat makan sendiri dari rumah, sehingga dapat mengurangi sampah plastik. (gil/ris)