Beranda Karawang Berkah Pertunjukan Air Mancur Menari di Purwakarta, Pelaku UMKM Raup Omzet Rp...

Berkah Pertunjukan Air Mancur Menari di Purwakarta, Pelaku UMKM Raup Omzet Rp 1,7 M

Pelaku umkm pertunjukan air mancur purwakarta
Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga membawa berkah bagi pelaku UMKM di Purwakarta.

PURWAKARTA – Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga akhir pekan lalu bukan hanya sukses menghibur ribuan warga Purwakarta. Melainkan juga berdampak positif pada pelaku UMKM di sekitarnya.

Data Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta mencatat, pertunjukan air mancur turut melibatkan 120 pelaku UMKM.

Perputaran uang yang dihasilkan pelaku UMKM di lokasi tersebut juga tak tanggung-tanggung, yakni sebanyak Rp 1,7 miliar.

Baca juga: Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga Sukses Menghibur Warga, Bupati Purwakarta Lega

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, Eka Sugriana menyebutkan, besarnya angka itu dihasilkan dari berbagai pemasaran produk UMKM yang meliputi produk kuliner, kerajinan tangan dan berbagai produk kreatif lainnya.

Berbagai barang dagangan mereka banyak diserbu puluhan ribu pengunjung yang datang dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur berjoget di Purwakarta.

Hal itu, kata Eka, sesuai dengan proyeksi Pemkab Purwakarta yang memanfaatkan pertunjukan air mancur untuk menarik sebanyak-banyaknya wisatawan, sekaligus mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat dan perekonomian daerah.

Melansir dari Antara, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan, pertunjukan air mancur Sri Baduga yang telah digelar pada akhir pekan ini mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat dan perekonomian daerah.

Baca juga: Ponpes di Purwakarta, Karawang dan Subang Perlu Sentuhan Digitalisasi Perbankan

“Ribuan pengunjung dari berbagai daerah datang ke Purwakarta pada Sabtu malam Minggu lalu, dan mereka jajan berbagai jenis produk UMKM lokal Purwakarta,” kata bupati.

Ia mengatakan, pertunjukan air mancur berjoget itu dipadukan dengan dibukanya wisata kuliner di sepanjang jalan sekitar Taman Sri Baduga.

Jajanan yang disajikan oleh para pedagang di wisata kuliner tersebut di antaranya sate maranggi, bakakak (ayam bakar khas Sunda), serta makanan dan minuman siap saji lainnya. (*)