Beranda Headline BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat-Angin Kencang di Karawang pada 2 hingga 6...

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat-Angin Kencang di Karawang pada 2 hingga 6 Maret 2023

BMKG potensi hujan maret
Intensitas hujan tinggi menyebabkan sejumlah wilayah di Karawang terendam banjir. (Foto/dok)

KARAWANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat mengimbau masyarakat Kabupaten Karawang waspada potensi cuaca ekstrem pada 2 – 6 Maret 2023.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat Indra Gustari mengatakan, potensi hujan lebat hingga ekstrem yang disertai petir dan angin kencang itu dipengaruhi oleh fenomena pembentukan awan yang dapat mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Kemudian, kata Indra aliran massa udara dingin dari Asia (monsun Asia) dominan masuk ke wilayah Indonesia bagian barat sehingga angin di wilayah Jawa Barat masih didominasi oleh angin baratan yang bersifat basah.

Baca juga: Ribuan Hektar Sawah di Bekasi Terendam Banjir, Mentan SYL Bilang Begini

“Gelombang Kelvin terpantau aktif di wilayah Jawa Barat, pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang melewati wilayah Jawa Barat; serta kondisi labilitas lokal di sebagian wilayah Jawa Barat masih cukup signifikan,” katanya dalam rilis yang diterima, Kamis (2/3/2023).

Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, dan model probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang hingga ekstrem terdapat di sebagian kabupaten atau kota di wilayah Jawa Barat untuk sepekan ke depan.

Baca juga: Gegara Cuaca Ekstrem, Petani Garam di Karawang Pilih Jadi Petambak Ikan

BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat dan atau peningkatan kecepatan angin yang bersifat lokal di sebagian wilayah Jawa Barat.

Sedangkan, bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, dapat langsung mengakses website https://www.bmkg.go.id/cuaca/cuaca-berbasis-dampak.bmkg?wilayah=%20JawaBarat&hari=Hari%20ini , atau follow twitter @infobmkg dan Langsung menghubungi Forecaster on duty Stasiun Klimatologi Jawa Barat di nomor WhatsApp:
0818-0794-6210. (*)