Beranda Headline Hasil Pleno KPU di Karawang: Gerindra Juara, NasDem Fenomenal, PKB Urutan ke...

Hasil Pleno KPU di Karawang: Gerindra Juara, NasDem Fenomenal, PKB Urutan ke Berapa?

Pleno kpu karawang
Ilustrasi. Dok. Istimewa

KARAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat telah menyelesaikan pleno rekapitulasi dan penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten Pemilu 2024.

Dalam hasil rekapitulasi, suara Partai Gerindra Karawang unggul dan hasil suara Partai NasDem di Karawang melesat diurutan kedua.

Baca juga: Buntut Polemik Rekapitulasi Suara, KPU Karawang Nonaktifkan 2 Anggota PPK Pakisjaya

Delapan partai pun dipastikan akan memiliki keterwakilan menjadi 50 anggota legislatif DPRD Karawang. Berikut adalah data partai berdasarkan perolehan suara dan jumlah kursi legislatif.

1. Partai Gerindra 222.278 suara dengan perolehan 8 kursi.
2. Partai NasDem 183.303 suara dengan perolehan 7 kursi.
3. Partai Demokrat 168.935 suara dengan perolehan 8 kursi.
4. Partai Golkar 168.051 suara dengan perolehan 6 kursi.
5. Partai PKS 151.723 suara dengan perolehan 7 kursi.
6. PDIP 148.155 suara dengan perolehan 6 kursi.
7. PKB 141.176 suara dengan perolehan 6 kursi.
8. PAN 62.724 suara dengan perolehan 2 kursi.

Baca juga: Banyak Aduan, Bakesbangpol Karawang Mau Bentuk Tim Khusus Berantas Calo Tenaga Kerja

Ketua KPU Karawang Mari Fitriana mengungkapkan, final rekapitulasi tingkat kabupaten ini ditandai dengan berita acara rekapitulasi penetapan hasil perolehan suara.

Adapun untuk penetapan daftar calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Karawang akan dilaksanakan setelah KPU RI mengumumkan perolehan suara sah secara nasional pada tanggal 20 Maret 2024.

“Alhamdulillah pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara di Kabupaten Karawang hari ini selesai dan 30 Kecamatan dinyatakan sah,” kata Mari.

Baca juga: HPN 2024 di Karawang, PWI Soroti Peran AI dalam Jurnalistik

Ketua DPD Partai NasDem Karawang Dian Fahrud Jaman mengungkapkan, dia berterimakasih dengan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap Partai NasDem.

Partai NasDem berjanji tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan masyarakat tersebut. Dian mengatakan, Partai NasDem tidak akan menjadi partai lima tahunan.

“Hal ini yang perlu kita jaga. Komitmen Partai NasDem tidak ingin menjadi partai lima tahun sekali. Melainkan Partai NasDem senantiasa berada di garis terdepan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat di tiap dapilnya, ” kata dia. (*)