Beranda Karawang Kampanye Akbar Dimulai Pekan Depan, KPU Karawang Ingatkan Hal Ini

Kampanye Akbar Dimulai Pekan Depan, KPU Karawang Ingatkan Hal Ini

Kampanye akbar di karawang
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang selenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) strategis persiapan jadwal dan lokasi kampanye rapat umum di Kabupaten Karawang, Swiss Bellin, Jumat, 19 Januari 2024.

KARAWANG – Jelang kampanye akbar 21 Januari mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang selenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) strategis persiapan jadwal dan lokasi kampanye rapat umum di Kabupaten Karawang, Swiss Bellin, Jumat, 19 Januari 2024.

Komisioner KPU Karawang, Ikmal Maulana dalam paparannya menjelaskan bahwa pembagian waktu kampanye harus seragam dan mengacu pada ketentuan pusat, terutama jadwal dari KPU RI yang telah disepakati dengan para ketua umum partai politik.

Terkait dengan penerapan waktu dan lokasi di Kabupaten Karawang, dalam hal ini KPU Karawang akan mengeluarkan SK mengenai hal itu pada Sabtu, 20 Januari 2024 mendatang.

Baca juga: KPU Karawang Simulasi Pemungutan Suara di TPS Rawan Banjir, Ini Tujuannya

“Sebagai contoh, partai X diharapkan mengikuti jadwal resmi dari pusat, dengan penyesuaian hingga ke tingkat kecamatan, dalaham hal ini di seluruh Jawa Barat, dan khususnya Kabupaten Karawang,” terang Ikmal.

Tidak hanya itu, Ikmal menjelaskan, meskipun keputusan pelaksanaan kampanye di setiap daerah pemilihan (dapil) berada di tangan masing-masing partai, penting untuk tetap mematuhi jadwal yang telah ditetapkan secara resmi.

“Untuk itu, dalam hal ini, penting bagi partai politik melakukan koordinasi antara sayap partai atau juga dianggap sebagai organisasi kampanye dan partai utama. Dalam konteks ini, Sikadeka menjadi alat penting untuk mencatat semua kegiatan atau rencana kegiatan, menunjukkan koordinasi yang erat di dalam partai,” papar Ikmal.

Baca juga: Daftar Laporan Awal Dana Kampanye Parpol di Karawang: Gerindra Rp 2,7 Juta, Golkar Rp 4,8 M

Pada aspek lokasi kampanye, Ikmal mengungkapkan bahwa rekomendasi dari pemerintah daerah telah mencapai tahap final. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa rekomendasi tersebut bersifat sebagai panduan. Partai diberikan kebebasan untuk memilih tempat lain asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Misalnya pada tanggal 21 Januari, empat partai diberikan kewenangan untuk menentukan kegiatan kampanye di lokasi-lokasi tertentu. Fleksibilitas ini memungkinkan partai koalisi untuk beradaptasi dan, jika diperlukan, berpindah tempat dengan tetap mematuhi aturan yang berlaku apabila rekomendasi tempat dirasa tidak sesuai,” papar Ikmal.

Dengan segala persiapan yang matang ini, KPU Karawang berupaya memastikan jalannya Pemilu 2024 berlangsung dengan tertib dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. (*)