Beranda Karawang Keren, SMKN 1 Karawang Dorong Lulusannya Berkarir Hingga ke Jerman

Keren, SMKN 1 Karawang Dorong Lulusannya Berkarir Hingga ke Jerman

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID -Alvin Dio Wicaksono dan Gilang Rangga Saputra, adalah dua alumni SMKN 1 Karawang. Keduanya lulusan tahun 2019 dan berhasil membanggakan sekolah.

Apa pasal? Kedua remaja asli Karawang ini berkesempatan untuk kuliah sambil bekerja di Jerman, lewat program Ausbildung in Germany atas kerjasama Yayasan Germanesia dengan SMKN 1 Karawang.

Rencananya, keduanya siap berangkat di tanggal 30 Juli nanti, setelah dinyatakan lulus lewat seleksi pembelajaran ketat selama 6 bulan berturut-turut sebelum pemberangkatan ke Jerman selama tiga tahun.

Dan selama tiga tahun di sana, fasilitas yang didapat nantinya meliputi uang saku, tempat tinggal, asuransi, dan sertifikat keahlian yang berlaku di seluruh eropa untuk bekerja di Jerman ataupun di seluruh negara di Eropa.

Alvin (19) menceritakan, sebelumnya, sejak duduk di bangku SMP, dirinya memang bercita-cita kelak bisa belajar dan berkarir hingga ke Eropa.

Bak gayung bersambut, keinginannya tersebut rupanya sejalan dengan misi sekolah yang ingin menghasilkan SDM yang berkualitas go internasional.

“Awalnya itu pas kelas XII tahun 2019 kemarin, sekolah dengan Yayasan Germanesia menyelenggarakan sosialisasi program Ausbildung untuk kesempatan berkarir di Jerman ke para murid. Akhirnya saya tertarik dan mendaftar di sana (Yayasan Germany).”

“Setelah itu, kita langsung diarahkan untuk belajar intensif bahasa jerman selama enam bulan, dimulai dari Juli hingga Desember tahun kemarin, dengan pertemuan kelas lima hari dalam seminggu,” sambung Alvin, Selasa (14/7).

Menurutnya, bukan hal yang mudah untuk melewati tahapan hingga lulus. Sebab, selain dari proses pembelajaran yang ketat, juga kesiapan mental secara personal menjadi faktor penentu keberhasilan.

“Selain belajar bahasa, kita juga ditempa untuk mengenal budaya dan sistem kerja yang ada di Jerman,” ungkapnya.

Hingga akhirnya, dalam ujian akhir di Ausbildung, yang digelar di Goethe Institut Jakarta, akhir Desember kemarin, dirinya dan rekannya (Gilang) dinyatakan lulus dan siap diberangkatkan untuk mengikuti program kuliah sambil bekerja di Jerman nanti.

Gilang (19) menambahkan, keberhasilan ia dan rekannya (Alvin) juga tak lepas dari peran sekolah yang kerap memberikan arahan dan masukan selama mengikuti proses pembelajaran di program Ausbildung.

“Sering juga sharing sama guru, tukeran cerita ketika menemui hambatan. Apalagi di sekolah kan difasilitasi juga ekstrakulikuler peminatan bahasa, salah satunya bahasa Jerman. Jadinya kita merasa terbantu,” ujarnya.

Dirinya bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada sekolah. Sebab, tidak banyak sekolah yang membuka kesempatan go internasional sampai ke eropa.

“Saya berterimakasih sekali kepada pihak sekolah, karena sudah mendidik dan membatu kami berdua hingga berhasil merealisasikan mimpi untuk terbang ke Jerman,” ucapnya.

Sementara itu, Wakasek Kesiswaaan SMKN 1 Karawang, Alia Maedina, S.Pd., M.Pd mengungkapkan kebanggan kepada kedua lulusannya yang berhasil ke Jerman.

“Yah mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi yang termotivasi untuk go internasional. Apalagi kalau sudah diketahui ada kakak kelasnya di sana, pastinya kan lebih menarik minat siswa,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMKN 1 Karawang, Drs. Agus Rukmawan, S.I.P., M.M, menambahkan, kerjasamanya dengan Yayasan Germanesia ini sudah berjalan selama dua tahun ke belakang.

“Alhamdulillah di angkatan 2019 ini bisa lulus dan terealisasi memberangkatkan anak-anak ke Jerman,” katanya.

Dirinya berharap, pencapaiannya itu tak hanya berhenti di dua orang saja. “Kita inginkan juga tidak hanya terbatas sampai dua orang, ya semoga bisa dimanfaatkan oleh murid-murid yang lain untuk bercita-cita meniti karir di eropa, pasti kita support,” tambah Agus. (kie/fzy)