Beranda Headline Pamerkan Alat Bakar Sampah, SMK PGRI Telagasari Curi Perhatian di Gebyar Paten

Pamerkan Alat Bakar Sampah, SMK PGRI Telagasari Curi Perhatian di Gebyar Paten

KARAWANG – Alat pengolah sampah milik SMK PGRI Telagasari tampak mencuri perhatian di Gebyar Paten (pelayanan administrasi terpadu kecamatan) di Kecamatan Telagasari, Jumat (1/7) pagi.

Di hadapan Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, SMK PGRI Telagasari mempresentasikan hasil karya TTG (teknologi tepat guna) berupa alat pengolahan sampah berbahan bakar air.

Selain Wakil Bupati Karawang, momen ekspose tersebut turut menyita perhatian Kepala Dinas PUPR (pekerjaan umum dan penataan ruang) Dedi Achdiat, Kepala Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Asep Aang Rahmatullah, Camat Telagasari Yeti Yuliati dan unsur pimpinan daerah lainnya.

Baca juga: Di Depan Gedung DPRD, Siswa SMK PGRI Telagasari Pamerkan Alat Bakar Sampah Ramah Lingkungan

Wakasek SMK PGRI Telagasari, Kiki Indraputri mengungkapkan, alat yang dinamai Sakeurdalang (saker daur ulang) ini rencananya bakal mentas di event nasional dalam waktu dekat ini.

Sakeurdalang, kata Kiki, dibuat melalui tangan-tangan kreatif siswa Teknik Permesinan dan Pengelasan.

Alat dengan material besi berdiameter 60 itu, mampu menghasilkan api panas dengan tekanan uap air yang dipancing lewat tungku yang sudah dicampuri oli bekas dan atau minyak jelantah.

“Komponennya terdiri dari incinerator, PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) dan pencacah sampah dengan daya tampung 100 kilogram,” papar Kiki.

Baca juga: SMK PGRI Telagasari Gaungkan Kuliah Gratis dan Kerja ke Jerman

Mesin ini, lanjut dia, juga berfungsi memanaskan sampah jenis organik menjadi pupuk organik kering.

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya atas hasil karya yang dibuat oleh SMK PGRI Telagasari.

Melalui alat ini, pengembangannya bisa bermanfaat dan menjawab kebutuhan masyarakat jika dapat diproduksi massal.

“Inovasi semacam ini tentunya akan kita dukung,” terang Aep. (kii)