Beranda Headline Pemkab Targetkan Perbaikan Ruang Kelas Maksimal Selesai 2023

Pemkab Targetkan Perbaikan Ruang Kelas Maksimal Selesai 2023

Pemerintah Kabupaten Karawang menargetkan perbaikan ruangan kelas rusak di 797 sekolah selesai tahun depan atau maksimal di tahun 2023. 120 miliar rupiah anggaran disiapkan untuk rehabilitasi ruang kelas secara swakelola.

Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana menyebut, Karawang memiliki 2,3 triliun rupiah untuk anggaran belanja langsung setiap tahun. Sesuai aturan, 30 persen anggaran tersebut dialokasikan untuk sektor pendidikan, salah satunya rehabilitasi ruang kelas. Tahun depan, penyusunan anggaran di sektor pendidikan akan difokuskan ke rehabilitasi.

“Jadi anggaran satu tahun Rp 60 miliar untuk rehabilitasi sangat masuk akal. Mungkin saja nanti anggaran tidak di PUPR tapi bisa di Disdikpora. Harus bisa dilakukan, tidak mungkin tidak bisa. Dua tahun anggaran, rehabilitasi sekolah harus selesai.”

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Karawang Asep Junaedi mengatakan, potensi anggaran rehabilitasi ruang kelas bisa didapat dari anggaran Pokir (pokok pikiran) milik anggota DPRD Karawang.

“Kalau dewan kompak, Pokirnya bisa lebih fokus ke infrastruktur pendidikan. Dewan pokirnya gede, kalau rehabilitasi satu ruangan kelas menghabiskan anggaran Rp 100 juta, sementara ada 800 ruangan kelas yang direhab, berarti membutuhkan anggaran Rp 80 miliar,” kata Kadisdikpora.

Bila target rehabilitasi bisa tercapai, kata Kadisdikpora, pemerintah tidak perlu biaya untuk infrastruktur pendidikan selama lima tahun.

Sementara itu sambil menunggu kepastian anggaran, Kadisdikpora mengimbau sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar double shift. Hal ini untuk menyiasati terbatasnya ruang kelas.

Kadisdikpora juga meminta sekolah menggunakan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) untuk memperbaiki ruangan kelas yang rusak ringan. Karena bila dibiarkan, kerusakan akan bertambah parah sehingga memerlukan biaya yang lebih besar untuk perbaikan.

Artikel sebelumnyaPHE ONWJ Melakukan Penanganan Intensif Kebocoran Pipa di Perairan Karawang
Artikel selanjutnyaUKM Malaka Jalin Koordinasi Bersama BNNK, Siap Perangi Narkoba