Beranda Karawang Sebanyak 291 Orang Terjaring OTT Saber Pungli Karawang Sepanjang 2023

Sebanyak 291 Orang Terjaring OTT Saber Pungli Karawang Sepanjang 2023

Ott saber pungli karawang
Satgas Saber Pungli Karawang membeberkan capaian kerja sepanjang tahun 2023.

KARAWANG – Sepanjang tahun 2023, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Karawang berhasil menangkap 291 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Sekretaris Saber Pungli Kabupaten Karawang, Sujana menyebutkan, di tahun 2023 ini pihaknya telah melaksanakan giat lidik sebanyak 27 kali, sosialisasi 42 kali, klarifikasi 5 kali dan giat OTT menangkap 291 orang (pungli jalanan).

Baca juga: Merasa Dilangkahi, Ketua DPRD Karawang Kesal Izin Lokasi Black Zone Sudah Keluar Duluan

“Untuk giat OTT pada tahun ini kita fokuskan pada preman jalanan. Giat OTT ini dilakukan pada 7 November 2023 dalam rangka cipta kondusifitas di wilayah Kabupaten Karawang,” ujarnya kepada tvberita.co.id, Rabu, 13 Desember 2023.

Untuk mencegah pungli-pungli selanjutnya, Satgas Saber Pungli Karawang melakukan sosialisasi pencegahan serta memasang banner di tempat-tempat rawan pungli.

“Sosialisasi dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung, secara langsung dateng ke sekolah-sekolah dan secara tidak langsung kita memasang banner dan menyantumkan narahubung,” paparnya.

Baca juga: Curhat Siswa SMAN 1 Bungursari Purwakarta soal Dugaan Pungli PIP: Dimintain Rp 200 Ribu

Ia mengatakan, adapun tempat-tempat di Kabupaten Karawang yang rawan pungli antara lain adalah sekolahan, kawasan industri, pasar hingga terminal.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Karawang, untuk jangan takut melapor apabila menemukan atau mengalami kejadian pungutan liar.

Baca juga: Naik Tinggi! Pemkab Karawang Kucurkan Dana Bantuan Rp 5,8 M untuk 11 Parpol, Siapa Terbanyak?

Masyarakat dipersilahkan untuk menghubungi Kesbangpol langsung melalui narahubung, melalu Tangkar (Tanggap Karawang), atau bisa juga datang langsung melapor ke kantor Kesbangpol Karawang.

“Jangan takut lapor, karena identitas akan kita rahasiakan. Kita harus sama-sama melakukan upaya untuk meminimalisir pungli di Kabupaten Karawang,” pungkasnya. (*)