Beranda Headline Sekolah Peninggalan Belanda di Karawang Resmi Ditetapkan Jadi Cagar Budaya

Sekolah Peninggalan Belanda di Karawang Resmi Ditetapkan Jadi Cagar Budaya

Sekolah belanda jadi cagar budaya
Bangunan SD Negeri Pisangsambo 1 Karawang.

KARAWANG – Sekolah Dasar (SD) Negeri Pisangsambo 1 Karawang resmi ditetapkan menjadi cagar budaya tingkat Kabupaten. Kerusakan bangunan kini sudah bisa direvitalisasi.

Sebelumnya, sekolah peninggalan Belanda tersebut kesulitan untuk memperbaiki kondisi bangunan yang rusak.

Sebab bangunan bersejarah tidak boleh sembarangan direvitalisasi sebelum ditetapkan menjadi cagar budaya.

Baca juga: 3 Objek Bersejarah di Karawang Bakal Ditetapkan Jadi Cagar Budaya, Salah Satunya SD Peninggalan Belanda

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Disparbud Karawang, Irwan Zulkarnain menyampaikan, penetapannya telah berlaku sejak tanggal 24 November 2023 melalui SK yang dikeluarkan oleh Bupati Karawang, Aep Syaepuloh.

Sekolah belanda jadi cagar budaya
Sekolah peninggalan Belanda, Sekolah Dasar (SD) Negeri Pisangsambo 1 Karawang resmi ditetapkan menjadi cagar budaya tingkat Kabupaten.

“Ini memang sudah ditunggu-tunggu, karena sebelum ditetapkan menjadi cagar budaya, SD Pisangsambo tidak bisa direvitalisasi,” ujarnya kepada tvberita.co.id pada Selasa, 23 Januari 2024.

“Proses penetapannya melalui banyak hal, penelitian dan survei oleh tim ahli, lalu didaftarkan sebagai cagar budaya pada Agustus 2023, kemudian sidang penetapan,” tambahnya.

Setelah ditetapkan, Kata Irwan, pertama-tama pada bulan Februari mendatang akan dipasang plang penanda (cagar budaya) terlebih dahulu. Kemudian disusul dengan proses revitalisasi.

Baca juga: Berusia Lebih dari Seabad, Kondisi Sekolah Peninggalan Belanda di Karawang Amat Memprihatinkan

Kasi Cagar Budaya Disparbud Karawang, Munip menambahkan, syarat merevitalisasi bangunan bersejarah itu tidak boleh merubah struktur asli.

“Kriteria revitalisasi tidak merubah bentuk, tidak merubah struktur, bahkan bahan bangunan harus disesuaikan mendekati asli,” tambahnya.

“Di tahun-tahun sebelumnya Disdik tidak berani merenovasi karena SD Pisangsambo adalah bangunan bersejarah yang tidak boleh asal direnov,” pungkasnya. (*)