Beranda Health Simak Yuk! Beberapa Jenis Makanan untuk Tekanan Darah Rendah

Simak Yuk! Beberapa Jenis Makanan untuk Tekanan Darah Rendah

Makanan untuk Tekanan Darah Rendah (Foto: Istock)

TVBERITA.CO.ID – Tekanan darah rendah, atau disebut juga sebagai hipotensi, mungkin memiliki arti yang berbeda untuk masing-masing orang. Normalnya sekitar 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Tetapi terkadang angka normal ini berubah-ubah.

Tekanan darah yang normal biasanya didasarkan oleh riwayat kesehatan, umur, dan kondisi tubuh. Masing-masing orang juga bisa mengalami gejala yang berbeda-beda. Salah satu cara yang mudah untuk mengatasi ataupun mencegah darah rendah adalah dengan menjaga pola makan.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Konsumsi Kopi Hijau Bagi Kesehatan

Makanan untuk Darah Rendah

Mengkonsumsi makanan tertentu bisa meningkatkan tekanan darah kamu. Kamu bisa melihat hasilnya dengan mengamati perubahan pada gejala yang kamu alami dan tentukan makanan apa yang berguna untuk tubuhmu. Menlansir lazblog.

Susu
Susu
Susu (Foto: Istock)

Susu atau segala produk lainnya yang mengandung susu juga bagus untuk cegah darah rendah. Hal ini dikarenakan produk tersebut merupakan sumber yang bagus untuk vitamin B12 dan folat. Apalagi bagi kamu yang vegetarian, susu merupakan sumber protein yang wajib.

Air
Air
Air (Foto: Istock)

Dehidrasi adalah salah satu penyebab umum yang menyebabkan tensi darah rendah. Oleh karena itu, kamu perlu mengkonsumsi air dengan cukup setiap harinya. Tubuh kita memerlukan sekitar dua liter air sehari atau setara dengan delapan gelas. Trik lainnya adalah dengan meminum sekitar 350-500 ml air sebelum makan agar tekanan darah tidak turun.

Kismis
Darah rendah
Kismis (Foto: Istock)

Kismis adalah komponen yang bagus untuk ditambahkan ke menu sehari-harimu. Kismis kaya akan kalium dan anti oksidan, dan ini yang membuatnya bagus untuk tensi darah rendah maupun tekanan darah tinggi.

Baca juga: 5 Manfaat Rutin Olahraga Lari, Bikin Jantung Sehat

Kafein
Darah rendah
Kopi (Foto: Istock)

Kafein atau kopi ternyata memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Kopi bisa meningkatkan tensi darah dengan pesat, sehingga bagus jika kamu perlu meningkatkan tekanan darah dengan mendadak.

Telur
Darah rendah
Telur (Foto: Istock)

Telur juga merupakan sumber folat, vitamin B12, zat besi, protein, dan berbagai nutrisi lain yang bagus untuk meningkatkan darah rendah. Bahkan, telur juga bisa bermanfaat untuk kondisi jantung seperti anemia, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Manfaat Air Ketumbar dan Cara Membuatnya

Itulah berbagai makanan yang bagus untuk tekanan darah rendah. Makanan yang kita konsumsi akan sangat mempengaruhi tubuh. Lebih baik lagi jika kamu menggabungkan makanan sehat dengan olahraga yang teratur. (*)