Beranda Karawang SMAN 3 Karawang Isi Kegiatan Ramadhan lewat Program Smartren, Apa Itu?

SMAN 3 Karawang Isi Kegiatan Ramadhan lewat Program Smartren, Apa Itu?

Program ramadhan di karawang
SMAN 3 Karawang mengisi Ramadhan 1444 Hijriah dengan program Smartren.

KARAWANG – SMAN 3 Karawang menjalankan program Smartren untuk menggembleng para siswa di bulan Ramadhan.

Nurdin, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 3 Karawang menyampaikan, program Smartren ini digagas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat selama Ramadhan. Program ini baru dilaunching pada (27/3) dan akan berakhir ditanggal (14/4) yang akan datang.

“Smartren adalah kegiatan rutin di bulan Ramadhan, program baku setiap tahun. Semacam pesantren kilat, hanya saja istilah Smartren ini langsung dari Disdik Jabar,” ujarnya kepada tvberita.co.id pada Selasa, (28/3/2023).

Dikatakannya, Smartren tahun ini SMAN 3 Karawang mengusung tema ‘Menjadi Pelajar yang Smart, Shaleh, Mandiri, Amanah, Rajin dan Terpuji’.

Baca juga: Keren! Ekskul ICT SMAN 3 Karawang Raih Prestasi di Bidang e-Sport

“Programnya beragam, ada imam, infaq masal, aktualisasi masadi, rantang cinta Pramuka, bukber, kajian Islam, ajengan masuk sekolah, siswa masuk pesantren, bazar murah, hingga one day one juz,” terang Nurdin.

Khusus untuk pesantren kilat di jam sekolah, SMAN 3 Karawang menerapkan sistem ajengan masuk sekolah sampai Smartren berakhir.

“Disdik Jabar memberikan pilihan program, dan kami memilih pakai program Ajengan masuk sekolah. Ada 4 yai yang kami undang untuk mengisi sepanjang ramadhan ini,” terang Nurdin.

Ia menjelaskan, setiap ajengan mengisi forum selama 90 sampai 120 menit dan berlangsung dari pukul 07.30 WIB hingga waktu dzuhur.

“Kita pake 2 skema, misal kelas 10 seminggu full smartren, nanti kelas 11 KBM. Selang-seling, jadi tidak ada liburnya,” jelasnya.

Selain itu, beberapa program lain akan dijalankan juga dengan schedule yang sudah ditentukan. “Bulan April mendatang program Rantang Cinta Pramuka akan kita jalankan. Kita sediain 200-400 paket untuk berbagi,” tuturnya.

Baca juga: PSK di Lokalisasi Ini Boleh Mangkal Selama Ramadan, Asal Ikut Tarawih dan Tadarus

“Bazar murah juga bakal kita adain, paket seharga 105 ribu akan kita jual 25 ribu. Isinya paket sembako,” katanya.

Kemudian, hasil penjualan dari bazar murah tersebut akan dialokasikan untuk buka bersama dengan warga Lubangsari Karawang.

Dengan adanya program Smartren ini, Nurdin berharap tema yang diusung pihaknya pada Ramadhan tahun ini bisa terealisasi dengan baik.

“Targetnya sesuai tema, kita mengajak anak supaya menjadi lebih smart, shaleh, mandiri, amanah, rajin dan terpuji,” pungkasnya. (*)